Pasang Surut Agribisnis Jeruk di Sambas

Alat sortasi yang cukup modern, saat ini mangkrak karena pasokan buah dari petani juga berhenti.

Sebelum berhenti beroperasi CV. SU Laris Manis Utama (LMU) di Tebas, Sambas mampu melakukan grading dan mensuplai jeruk siam pontianak kualitias premium 200 ton per bulan. Sayangnya sejak 2016 mesinnya mangkrak dan pabrik pengepakan relatif sepi. Menurut Hamid (penanggungjawab di lokasi grading) saat dikonfirmasi tim RPIK Jeruk Puslitbanghorti, hal ini diakibatkan karena pasokan jeruk dari petani sekitar tidak memenuhi kualitas dan standar yang telah ditetapkan, begitu pula kuantitasnya tidak banyak sehingga tidak ekonomis untuk mengoperasikan alat tersebut.

Dengan luasan lahan produktif jeruk siam pontianak, yaitu sekitar 6000 hektar, maka setahun dengan produksi 25 ton per hektar saja ada 150.000 ton jeruk yang dihasilkan dari Sambas dan sekitarnya. Dan ternyata, data BPS 2019 merekam produksi Kalimantarn Barat tidak jauh dari prediksi tersebut, yaitu 140.593 ton. Jeruk siam pontianak ini masih sangat diminati konsumen, namun pada kenyataannya sulit dijumpai di pasar tradisional maupun modern di Jawa dan Sumatera (khususnya). Disisi lain, petani mengeluhkan harga jatuh ketika panen raya. Petani mengeluh jeruk mereka tidak bisa keluar dari Pontianak karena terbatasnya transportasi.

Jika satu perusahaan saja seperti PT LMU mampu digerakkan lagi roda agribisnisnya, 2400 ton jeruk petani dalam setahun mampu diserap pasar premium. Petani pun mengakui, harga yang ditawarkan juga lebih tinggi daripada harga pengepul lainnya, hanya memang merasa ribet karena produk di lapangnya masih beraneka ragam. Di sisi lain, pengepul lainnya siap menerima produk petani dalam berbagai kelas. Pengepul membeli berapapun produk petani dan memilahnya ke dalam keranjang yang akan diangkut ke pasar. Bagi stakeholder perjerukan di Kalimantan Barat, perlu kiranya segera melakukan penataan kelembagaan petani dari hulu ke hilir agar pembenahan ini mampu mengangkat kembali kejayaan jeruk siam pontianak.

 

Agenda
No event found!