Penyediaan Benih Sumber

alur-produksi-benihSejak tahun 2005, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, telah menempatkan kegiatan Unit Produksi Benih Sumber (UPBS) sebagai kegiatan unggulan dalam membantu ketersediaan benih tingkat nasional. Seiring dengan program pemerintah dalam revitalisasi sektor perbenihan, ketersediaan benih unggul bermutu akan sangat mendukung dalam program tersebut. Benih unggul bermutu adalah benih yang bebas dari patogen sistemik.
 
 
Proyeksi kebutuhan benih jeruk hingga tahun 2020 berdasarkan program dari direktorat teknis adalah sekitar 12 juta benih untuk beberapa varietas jeruk komersial. Kebutuhan benih tersebut perlu didukung oleh ketersediaan benih induk yang mencukupi.

Untuk itu Unit Produksi Benih Sumber (UPBS) Balitjestro, menempatkan komoditas jeruk sebagai fokus utama dalam produksi benih induk bermutu sebagai bagian utama dalam mendukung berjalannya pengembangan agribisnis jeruk di Indonesia yang berkelanjutan.

Selain itu, komoditas apel, anggur, lengkeng, dan stroberi sebagai komoditas buah subtropika yang regulasi perbenihannya belum sebaik jeruk, masih perlu didukung ketersediaan benih induknya untuk mempercepat perkembangannya di masyarakat.

ZHF_8931-001Prosedur Pemesanan Pohon Induk Benih Dasar dan Benih Pokok Jeruk dan Buah Subtropika

  1. Pelanggan harus mengirim surat untuk pesan Benih Dasar dan Benih Pokok jeruk dan buah subtropika
  2. Pelanggan menerima surat balasan dari manajer umum.
  3. Harga Benih Dasar Rp.75.000/batang ,sedangkan Benih Pokok Rp. 25.000/batang belum termasuk ongkos kirim, packing maupun pajak
  4. Pelanggan harus membayar uang muka minimal 25% s/d 50% dari harga pembelian
  5. Pelanggan membayar semua biaya sebelum benih dikirim atau setelah barang diterima.
  6. Pelanggan yang membeli benih sumber dengan kelas Benih Dasar (BD) dan Benih Pokok (BP) harus memenuhi persyaratan :
  • Benih sumber (batang atas dan batang bawah) jeruk ditumbuhkan di screen house dengan kerapatan kasa yang berukuran (1cm = 100 lubang atau 1 inchi = 625 lubang).
  • Screen house mempunyai kecukupan air yang memadai
  • Benih sumber yang dikelola bebas dari 5 penyakit sistemik dan tidak boleh dijumpai lebih dari 30% serangan penyakit tular tanah.
  • Di dalam screen house tidak boleh dijumpai adanya vektor penyakit (Diaphorina citri dan Aphid sp.)
  • Pengelola mempunyai ketrampilan untuk mengelola screen benih berdasarkan instruksi kerja (IKU 01)
  • Benih sumber tanaman anggur, lengkeng ditumbuhkan di polybag sedangkan apel ditumbuhkan di bedengan (lapang) oleh pengelola yang mempunyai ketrampilan berdasarkan instruksi kerja (IKU 02)

Persyaratan Pelayanan

  1. Surat permohonan resmi dari instansi terkait diantar langsung atau dikirim melalui:
    • Pos dengan alamat Jalan Raya Tlekung No. 1 Junrejo Kotak Pos 22 Batu 65301
    • Faksimile:  (0341) 593047
    • Email: balitjestro@gmail.com
  2. Pelanggan harus membayar uang muka minimal 25% s/d 50% dari harga pembelian setelah menerima surat balasan dari manajer umum UPBS.
  3. Pelanggan membayar semua biaya sebelum benih dikirim atau setelah barang diterima.
  4. Penyerahan benih dapat dilakukan dengan pengambilan sendiri oleh Pelanggan maupun dikirim ke pelanggan.
  5. Biaya pengiriman benih ditanggung sepenuhnya oleh Pelanggan.
  6. Setelah penyerahan benih, UPBS tidak melayani kegiatan pasca penyerahan kecuali atas permintaan Pelanggan dengan dibiayai oleh Pelanggan.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan

Sebagaimana SOP Pelayanan Penyediaan Benih Sumber (SOP-YJ-98) terlampir.

Jangka Waktu Penyelesaian Pelayanan

  1. Pelayanan penyediaan benih sumber diselesaikan dalam waktu yang ditentukan oleh UPBS (produksi sekitar 8-12 bulan), pengambilan atau pengiriman sesuai dengan konfirmasi kedua belah pihak.
  2. Pelayanan produksi benih sumber mulai dikerjakan setelah uang muka dibayar.

Biaya/Tarif

Sesuai PP Tarif No. 35 tahun 2016 tentang PNBP

  1. Harga Benih Dasar Rp.75.000/batang
  2. Harga Benih Pokok Rp. 25.000/batang

Belum termasuk ongkos kirim, packing maupun pajak

Produk Pelayanan

Benih Sumber

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas Pelayanan

  1. Sarana yang disediakan: Meja, kursi, internet, fasilitas layanan informasi.
  2. Prasarana yang disediakan: Ruang tunggu, toilet, masjid, dan tempat parkir.
  3. Sarana prasarana UPBS: laboratorium, screen house, ruang kerja, peralatan proses, jasa pendukung lainnya (alat komunikasi dan alat angkut)

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana

  1. 1 orang berkompetensi sebagai pengendali dokumen
  2. 1 orang berkompetensi sebagai manajer administrasi keuangan dan pemasaran dan pelaksana.
  3. 2 orang berkompetensi sebagai manajer produksi dan pelaksana.
  4. 2 orang berkompetensi sebagai pengawas mutu
  5. 2 orang pelaksana dengan kompetensi di bidang shoot tip grafting dan regrafting

Pengawasan Internal

Pengawasan internal dilaksanakan oleh Auditor Internal SMM UPBS yang ditunjuk oleh Kepala Balai.

Penanganan Pengaduan

  1. Penanganan pengaduan telah diatur dalam prosedur kerja UPBS, sebagai berikut:
    1. Pelanggan menyampaikan pengaduan tertulis kepada Manajer Administrasi dan Keuangan dengan mengisi formulir pengaduan pelanggan (F 17) paling lambat 2 (dua) minggu setelah menerima produk benih yang dipesan.
    2. Formulir pengaduan kemudian disampaikan sesuai dengan materi pengaduan:
      • Masalah Kebijakan disampaikan kepada Manajer Mutu
      • Masalah kualitas disampaikan kepada Manajer Produksi
      • Masalah Administrasi disampaikan kepada Manajer Administrasi.
    3. Personel yang ditunjuk, melakukan penelusuran tentang perihal penyebab yang diadukan dan kemudian menentukan dan melakukan tindakan perbaikan.
    4. Khusus untuk masalah produksi, penelusuran dilakukan melalui audit, mulai dari awal proses produksi sampai dengan produk tercapai/terselesaikan.
    5. Hasil tindak lanjut pengaduan dibahas bersama Manajer umum untuk mendapatkan kesepakatan penyelesaian tindakan pengaduan (F 18), dan dibuat laporan penyelesaian pengaduan yang ditandatangani oleh semua Manajer UPBS, dan apabila diperlukan disertai permohonan maaf kepada pelanggan atas ketidakpuasan terhadap pelayanan ataupun hasil produksi.
  2. Pengaduan dapat disampaikan melalui:
    1. Pengaduan langsung
    2. Kotak saran
    3. Telepon/Faksimil
    4. Email: balitjestro@gmail.com
    5. Website: balitjestro.litbang.pertanian.go.id

Jaminan Pelayanan

  1. Benih jeruk bebas penyakit, apel, anggur dan lengkeng dijamin sesuai dengan varietas yang dipesan pelanggan (true to tipe)
  2. Benih jeruk bebas dari 5 penyakit sistemik(CVPD,CTV,CVEV,CPsV,CEV)
  3. Tinggi tanaman minimal 55 cm dari batang bawah
  4. Telah melalui 2 kali periode pertunasan
  5. Benih jeruk, apel, anggur, dan lengkeng ditumbuhkan  dalam polybag sedangkan benih apel ditumbuhkan di bedengan dengan media yang sesuai . Khusus untuk benih yang didistribusikan jarak jauh, benih di kemas tanpa media tanam.
  6. Umur tanaman minimal 5 bulan dari okulasi
  7. Jika dikirim harus sudah memenuhi persyaratan
  8. Telah dilakukan pelabelan yang berisi identitas varietas dan tanggal produksi menggunakan proses produksi dengan sistem manajemen sesuai dengan standar ISO 9001:2008
  9. Prosedur Kerja SMM UPBS klausul Jaminan mutu hasil produksi benih.
Agenda

no event