Kunjungan/Studi Banding

[cml_media_alt id='198']Kunjungan Pelajar ke Balitjestro[/cml_media_alt]

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) yang bertugas melaksanakan kegiatan penelitian tanaman jeruk, apel, anggur, lengkeng dan buah subtropik lain berkewajiban untuk berperan dalam pengembangan agribisnis melalui penyediaan jasa layanan teknologi dan inovasi hasil penelitian. Balai Peneitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) secara terbuka memberi kesempatan kepada pihak pengguna untuk memanfaatkan SDM, fasilitas dan informasi yang dimiliki dan dihasilkan sebagai kontribusi nyata terhadap pembangunan nasional. Jasa layanan Balitjestro dapat digunakan oleh pelaku agribisnis, pemerintah daerah, lembaga riset, pengembangan dan pendidikan serta perorangan seperti mahasiswa, peneliti, dosen dll.

[cml_media_alt id='199']Kunjungan Balitjestro[/cml_media_alt]Kunjungan /Studi Banding dengan topik :

Balitjestro menerima kunjungan dari berbagai kalangan di jam kerja (Senin-Jum’at) baik pribadi maupun rombongan. Bagi rombongan yang akan datang, diharapkan konfirmasinya terlebih dahulu. Materi kunjungan disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya adalah pengenalan profil Balitjestro dan kunjungan lapang sebagai sarana pendidikan bagi siswa pelajar-mahasiswa. Materi tersebut diantaranya:

  • Budidaya tanaman jeruk & buah subtropika (apel, lengkeng, anggur dan stroberi)
  • Wisata pendidikan
  • Perbenihan jeruk
  • Pengelolaan PIT, BF, BPMT & benih jeruk bebas penyakit
  • Pengenalan hama dan penyakit tanaman jeruk dan buah subtropika
  • Pemuliaan tanaman
  • Budidaya jeruk & buah subtropika
  • Teknik somatic embriogenesis
  • Pebanyakan tanaman melalui kultur jaringan
  • Karakterisasi beberapa varietas tanaman jeruk dan buah subtropika
  • Perbanyakan tanaman jeruk dan buah subtropika
  • Identifikasi dan inventarisasi hama / penyakit tanaman jeruk dan buah subtropika
  • Identifikasi embrio zigotik tanaman jeruk
  • Perbanyakan tanaman secara konvensional, dll
Biaya/Tarif Tidak dikenakan biaya/tarif (Rp. 0,-)
Produk Pelayanan Informasi (Profil Balitjestro/materi lain yang dibutuhkan), Kunjungan Kebun
Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas Pelayanan
  1. Sarana yang disediakan: Meja, kursi, komputer, alat tulis, bahan praktikum, fasilitas media pembelajaran/audio visual, internet.
  2. Prasarana yang disediakan : Ruang tamu, Ruang rapat/auditorium, toilet, guest house,  masjid, dan tempat parkir.
Kompetensi dan Jumlah Pelaksana
  1. 2 orang staf yang berkompetensi dalam bidang pelayanan
  2. 26 orang peneliti dengan kompetensi sesuai dengan bidang kepakaran
  3. 13 orang teknisi dengan kompetensi sesuai dengan bidang kepakaran
Penanganan Pengaduan
  1. Pengaduan dapat disampaikan melalui:
    • Langsung secara lisan melalui petugas pelaksana
    • Kotak saran yang telah disediakan
    • Telepon/Faksimili: (0341) 593684/)0341) 593047
    • Email: balitjestro@gmail.com
    • Website: balitjestro.litbang.pertanian.go.id
  2. Untuk selanjutnya penanganan pengaduan dikelola oleh Tim Unit Pelaksana Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (UPP Dumas) yang ditetapkan Kepala Balai dengan mekanisme sesuai SOP Keluhan/Kepuasan Pelanggan (SOP-YJ-81) sebagaimana terlampir.
Jaminan Pelayanan Balitjestro menyediakan sarana prasarana layanan yang nyaman dan aman.
Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan Balitjestro menyediakan fasilitas untuk keamanan, kenyamanan, dan keselamatan, antara lain:

  1. Petugas keamanan;
  2. Sarana dan prasarana yang digunakan dalam rangka pelayanan tidak membahayakan Pengguna Jasa;
  3. CCTV;
  4. Ruang Klinik dan obat P3K.
  5. Teknologi yang diperkenalkan oleh peneliti/teknisi merupakan teknologi yang sudah teruji dan aman.

Kontak Person

Umi Nurul Taflikha : 085604142572

Agenda
No event found!