FGD Bujangseta di Sumatera Barat

Pada hari Selasa, 25 Mei 2021, Balitjestro Puslitbanghorti mengadakan FGD jeruk dengan tema “Teknologi Bujangseta pada jeruk siam dan keprok”. Kegiatan ini dilaksanakan di aula ex-BP4K, Tanjung Pati dan diikuti oleh 40 peserta dengan mengundang stakeholder terkait, mulai dari tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota, pedagang, sampai perwakilan kelompok tani jeruk.

Acara FGD diawali dengan sambutan dari Kepala Bidang Hortikultura Vivi Febria Eka Putri, S.P yang menyampaikan bahwa jeruk Siam Gunung Omeh memperbaiki taraf hidup petani, dimana lebih dari 2.135 KK di Kabupaten Lima Puluh Kota ditopang oleh budidaya jeruk terutama untuk kecamatan Gunung Omeh namun masih menghadapi kendala jatuhnya harga ketika panen raya.

Kepala BPTP Sumbar Ir. Wahyu Wibawa, M.P, Ph.D, menyatakan kesiapan untuk mendukung program Balitjestro-Puslitbanghorti serta melakukan pendampingan, khususnya untuk Jesigo. Di BPTP beberapa pengolahan jeruk telah dilakukan salah satunya serbuk jelly jeruk.

Sambutan dari wakil DPRD Bapak Syamsul Mikar juga menyampaikan dukungan agar program ini dapat bermanfaat bagi petani, dimana penganggaran diharapkan dapat masuk ke APBD.
Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri, S.S menekankan harus terjalinnya sinergi baik dari pertanian, permodalan, perdagangan. Diharapkan antar bidang bisa terbangun kepercayaan, untuk pengembangan jeruk di wilayah Lima Puluh Kota.

Agenda
No event found!