Workshop Inovasi dan Teknologi Unggulan Jeruk

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika selain tugas pokok dan fungsinya melaksanakan penelitian dan menghasilkan  inovasi teknologi tanaman jeruk dan buah subtropika mempunyai tugas untuk mendiseminasikan inovasi teknologi unggulannya kepada masyarakat pengguna agar meningkatkan pemanfaatannya sesuai  dengan  kebutuhan  dan  kapasitas  adopsi  pengguna  teknologi  (masyarakat,  industri,  dan pemerintah). Salah satu kegiatan unruk duseminasi yaitu dengan mengadakan kegiatan workshop “Inovasi Teknologi dan Produk Unggulan Jeruk Balitjestro’

Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Agustus 2017, bertujuan untuk Memaparkan 4 inovasi teknologi baru;  Melakukan demonstrasi dan pelatihan kepada stake holder; press conference dengan media massa dan elektronik terkait trending issues; serta Melakukan kontak bisnis dengan calon mitra kerjasama.

Workshop diikuti oleh 100 orang  dari stake holder dan calon pengguna teknologi dan produk di sentra produksi jeruk yang datang dari seluruh Indonesia terdiri dari : Puslitbang Hortikultura, Direktorat Perlindungan Hortikultura, BBATP, Badan SDM, BPOPT, BB BIOGEN, BPTP, BPTPH, POPT, Penyuluh, Kelompok tani, PTPN, Perusahaan Pupuk dan Calon mitra kerjasama lainnya, Peneliti dan teknisi, Humas Balitbangtan, wartawan media cetak dan elektronik.

Workshop yang dibuka oleh Dr. Ir. Anang Triwiratno, MP Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian mewakilli Kepala Balitjestro yang sedang mengikuti kegiatan Rapat Kerja di makasar mengambil tema “Mengembangkan pemanfaatan teknologi unggulan  PUI Balitjestro dengan spirit mendayagunakan dan mendiseminasikan hasil riset untuk masyarakat”. Kegiatan selama dua hari diharapkan peran aktif seluruh peserta agar dapat tercapai tujuannya untuk mendiseminasikan teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan.

Dalam acara ini ditampilkan teknologi baru Balitestro yaitu

  1. Sistem Pakar untuk Monitoring OPT Jeruk

Teknologi Rancang Bangun Expert System (Sistem Pakar) menghasilkan program atau sistem aplikasi untuk melakukan pemantauan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) utama jeruk secara real time berbasis web.

  1. PUKAP JESTRO Pupuk Lengkap Lepas Lambat (Slow Release Fertilizer)

Pupuk berkarakter lepas lambat (slow release fertilizer = SRF) prototyp (PUKAP-01; PUKAP-02; PUKAP-03)  yang diharapkan akan diproduksi secara masal oleh mitra industri pupuk untuk menggantikan pupuk konvensional merupakan solusi tepat dalam mengelola nutrisi tanaman.

  1. Kit Deteksi Cepat sebagai Solusi dalam Penanganan penyakit CVPD di Daerah Endemis.

Perangkat deteksi cepat yang merupakan salah satu teknologi inovatif hasil penelitian memberikan solusi alternatif dalam sistem deteksi penyakit utama jeruk CVPD.

  1. BARK PESTICIDE APLICATOR (BPA)

Bark Pesticide Aplicator adalah alat aplikasi pestisida sistemik melalui batang tanaman jeruk secara optimal. Fungsi alat ini adalah meningkatkan efisiensi pengendalian OPT utama aman bagi musuh alami OPT dan ramah lingkungan.