Workshop dan Diseminasi Pengelolaan UPBS dan Plasma Nutfah Lingkup Puslitbang Hortikultura

workshopupbs

Dalam rangka meningkatkan pelayan terhadap pelanggan/konsumen serta pemuktahiran data benih sumber dibuatlah sistem informasi benih sumber hortikultura (SIBES HORTI) Balai Lingkup Puslitbang Hortikultura berbasis web yang awalnya dibangun pada tahun 2009 dan dirilis pada tahun 2010, disusun oleh Dr. Nono Sutrisno, MS, Andy Pramurjadi, S.Komp, Arlan Hernawan, dan Primma Sontanu, S.Komp. Pengembangan SIBES HORTI terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. SIBES HORTI dapat diakses melalui website: benihsumber.puslithorti.net

Dalam workshop yang dilakukan pada tanggal 8 – 10 Desember 2014 di Balai Pengelolah Alih Teknologi Pertanian (BPATP) Bogor. Penjab UPBS dan Plasma Nutfah mempresentasikan Progress Kegiatan UPBS, Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu (SMM) dan perkembangan plasma nutfah masing-masing instansi.

Rencana Kegiatan UPBS Balitjestro memproduksi dan distribusi benih sumber jeruk dan buah subtropika (sesuai dengan pesanan), Tahun 2015 target IKU = 5000 pohon. Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu (SMM) : Sertifikasi Mutu (PT. Mutu Agung Lestari) nomor QMS/429 (tidak berlaku). Telah Re-Sertifikasi LSSMBTPH Pendaftaran tanggal 23 Oktober 2014, tanda tangan kontrak tanggal 18 Nopember 2014, Audit Dokumen Tahap I  tanggal 2 Desember 2014, Tindak Lanjut Audit Dokumen Tahap I tanggal 8 Desember 2014 dan sedang berlangsung Audit Tahap II Tanggal 15 – 17 Desember 2014.

Operator UPBS masing – masing balai yaitu melakukan validasi dan update dan entry database :1. Data Pesanan (data produksi, sortasi, dan distribusi serta data pelanggan), 2. Melengkapi data benih masing – masing balit sesuai SK Pelepasan Varietas beserta upload Foto/Gambar varietas, karena terjadi kendala dari sistem yang masih perlu disesuaikan untuk masing-masing Balai. Hal tersebut menyebabkan proses validasi dan enty data UPBS terhambat, tapi sudah diperbaiki dan disesuaikan kebutuhan masing – masing balai. namun sekarang proses entry data UPBS bisa dilakukan secara online (benih sumber.puslithorti.net) sehingga memudahkan operator untuk entry data UPBS.

Sistem Informasi Benih Sumber Hortikultura (SIBES HORTI) berisi informasi mengenai:

  1. Profil UPBS Hortikultura (UPBS Balitsa untuk tanaman sayuran, UPBS Balithi untuk tanaman Hias, UPBS Balitbu untuk tanaman Buah Tropika, dan UPBS Balitjestro untuk tanaman Jeruk dan Buah Subtropika).
  2. Data Benih (Deskripsi Varietas Sesuai SK Pelepasan).
  3. Laporan Ketersediaan Benih (Komoditas, Varietas, Jenis benih/Kelas benih, Jumlah Stok, Lokasi Penyimpanan, dan status benih.
  4. Laporan Distribusi Benih Sumber (Nama Pesanan, Kategori Pemesan, Kota, Tgl Pesanan, Tgl Distribusi, Serta Varietas dan Jumlah Pesanan).

Oleh: Dodik/Balitjestro

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event