Wisata Sampan IP2TP Selakau BPTP Kalbar

Wisata sampan ini dipersiapkan sebagai transportasi petik jeruk 2-3 tahun mendatang.

Sambas (03/11). IP2TP Selakau BPTP Balitbangtan Kalimantan Barat terus berbenah. Lahan kebun pasang surut yang sebelumnya kurang terawat, saat ini jauh lebih tertata dan asyik untuk dikunjungi. Kebun ini digadang-gadang sebagai “Wahana Show-Window Inovasi Teknologi Budidaya Tanaman Sistem Surjan. Jeruk menjadi salah satu komoditas unggulan.

Dengan keterbatasan kontur tanah dan genangan air pasang surut, kondisi ini justru mampu dimanfaatkan sebagai wisata sampan yang kelak sangat cocok untuk mendukung wisata petik buah jeruk. Tentunya pembenahan disana-sini perlu terus dilakukan agar nantinya mampu menjadi kebun rujukan petani dan sarana edukasi, terutama bagi petani jeruk Sambas dan sekitarnya (Kalbar).

Dalam kesempatan ini pula Otto Endarto memberikan masukan pengelolaan tanaman jeruk sekaligus apresiasinya atas perkembangan positif sejak terakhir didatangi saat tanam perdana akhir 25 Juni 2021 yang lalu. Dadan Permana selaku kepala IP2TP Selakau tampak bersemangat dalam merawat tanaman jeruk yang saat ini dimulai dengan 5 hektar dari potensi lahan 50 hektar.