Sri Widyaningsih

Change your cover photo
sriwidya
Change your cover photo
This user account status is Approved

This user has not added any information to their profile yet.

Sri Widyaningsih
Ahli Peneliti Muda
Jeruk dan Buah Subtropika
Hama dan Penyakit Tanaman
Balitjestro

Dr. Sri Widyaningsih, SP.MP. mendapat gelar Sarjana Pertanian (jurusan hama dan penyakit tanaman, program studi penyakit tanaman ) pada tahun 1998 dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Selanjutnya bekerja sebagai asisten dosen di Fakultas Kehutanan UGM dan melanjutkan S2 di Jurusan Ilmu-Ilmu Pertanian pada tahun 2000 dan lulus pada tahun 2003. Mulai bekerja pada Loka Penelitian Tanaman Jeruk dan Hortikultura Subtropik Tlekung pada tahun 2005-2006. Pada Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika mulai 2006 sampai sekarang. Pada tahun 2012 melanjutkan studi S3 di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan meraih gelar Doktor tanggal 27 Juli 2017 pada jurusan Ilmu Pertanian dengan minat Fitopatologi.

Jenjang jabatan peneliti dimulai pada tahun 2008 sebagai peneliti pertama. Lebih dari 30 seminar dan pelatihan telah diikuti terutama dibidang penyakit tanaman serta menulis publikasi pada jurnal nasional/internasional, prosiding nasional/internasional, leaflet dan majalah semi populer. Sebagai anggota peneliti di beberapa penelitian pada komoditas jeruk dan buah subtropika dari tahun 2005 sampai sekarang. Pada tahun 2010, selain sebagai peneliti, juga ditunjuk sebagai penanggungjawab sertifikasi UPBS (Unit Produksi Benih Sumber). Selain kegiatan penelitian juga terlibat pada pembimbingan kegiatan pelatihan dari berbagai instansi/lembaga mengenai penyakit pada tanaman jeruk dan buah subtropika dan pengendaliannya serta indeksing penyakit sistemik pada tanaman jeruk, pembimbingan mahasiswa skripsi maupun PKL (Praktek Kerja Lapang).

Disamping sebagai peneliti juga bertindak sebagai penanggungjawab teknis pada laboratorium pengujian Balitjestro yang mempunyai ruang lingkup pengujian penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) dengan teknik PCR (Polymerase Chain Reaction) dan CTV (Citrus Triseza Virus) dengan teknik ELISA, serta penyakit sistemik pada jeruk yang lain (CVEV, CEV, CPsV) dengan menggunakan tanaman indikator.