User

Change your cover photo
Change your cover photo
This user account status is Approved

This user has not added any information to their profile yet.

Agus
Peneliti Muda
S2
Budidaya Tanaman
Jeruk dan Buah Subtropika
Balitjestro

Ir. Agus Sugiyatno mendapatkan gelar sarjana pertanian (jurusan budidaya pertanian) pada tahun 1990 dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mulai bekerja pada tahun 1991 pada Sub Balai Penelitian Hortikultura Tlekung (1991-1994), IPPTP Tlekung (1995 - 2002) pada Loka Penelitian Tanaman Jeruk dan Hortikultura Subtropik Tlekung (2002 - 2006). Pada Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika mulai 2006 sampai sekarang.

Disamping sebagai peneliti yang bersangkutan sekarang ini menjabat sebagai Tim Program Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, Staf Yantek bidang kerjasama dalam negeri dan promosi (tahun 2003 – sekarang), editor prosiding Seminar Jeruk (2004 – 2007) Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika dan editor majalah Iptek. Jabatan rangkap yang pernah diembannya adalah sebagai Asisten Pimbagpro Bagian Operasioanl pada Proyek Litbang Jeruk dan Hortikultura Sub Tropik Tlekung (sejak Januari 2002 sampai 2004). Sebagai Kepala Tata Usaha pada Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IPPTP) Tlekung telah dijalani sejak tahun 1999 sampai 2002 sedangkan jabatan Bendaharawan Kerjasama dimulai tahun 1999 sampai 2003. Selain itu, yang bersangkutan tercata sebagai anggota Perhimpunan Hortikultura Indonesia (PERHORTI) dan Asosiasi Wisata Agro Indonesia (AWAI) Jatim.

Jenjang jabatan peneliti mulai diperoleh pada tahun 1997 sebagai Asisten Peneliti Muda bidang budidaya pertanian dan tahun 2001 sebagai Asisten Peneliti Madya dan tahun 2005 sebagai Ajun Peneliti Muda (Peneliti Muda/sesuai Inpassing Jabatan Fungsional Peneliti tmt 1 Januari 2006). Lebih kurang 30 karya ilmiah dan hasil penelitian dalam bahasa Indonesia telah dipublikasikan baik sebagai penulis tunggal atau co-author, yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, majalah populer, semi populer, buku petunjuk teknis, prosiding dan sirkular. Kegiatan penelitian paling menonjol yang telah dilakukan adalah penelitian Klonalisasi Tanaman Apokat Rakyat melalui Top Working di Kabupaten Pasuruan Jatim, yang mempunyai dampak cukup nyata bagi petani untuk mengganti varietas tanaman apokat rakyat secara cepat di lapang dan teknologi ini telah diaplikasikan di sebagian besar wilayah perkebunan buah rakyat di Jawa Timur. Sebagai penanggungjawab kegiatan plasma nutfah apel telah dipeganya sejak 2002 sampai 2006. Tahun 2007 sampai tahun 2009 ditunjuk sebagai penanggungjawab RPTP Lengkeng dan penanggungjawab plasma nutfah lengkeng.

Berbagai kegiatan lokakarya, seminar, semiloka nasional maupun regional, pelatihan maupun pertemuan ilmiah lain telah diikutinya baik sebagai peserta maupun panitia. Selain sebagai salah satu instruktur dalam pelatihan tanaman jeruk dan buah subtropika juga ditunjuk sebagai penanggungjawab kegiatan pelatihan dan pemagangan tanaman jeruk dan buah subtropika mulai tahun 2002 sampai sekarang. Juga melakukan pembimbingan mahasiswa dan siswa dalam bentuk praktek kerja lapangan maupun penulisan skripsi.