Upaya Rehabilitasi Jeruk Siam Pontianak di Sambas

Misi mengembalikan kejayaan jeruk siam pontianak di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat telah dilakukan mulai 2016 yg lalu dengan serangkaian kegiatan penelitian. Salah satu kegiatan difokuskan pada penanaman baru demplot yg dilakukan di tebas tepatnya di Desa Matanglabong dan Pusaka sebanyak 2000 pohon tanaman jeruk berlabel biru bebas penyakit.

Dalam rangka mewujudkan misi diatas petani diharapkan mengerti dan paham peran benih bebas penyakit dilapang dan bagaimana cara pengelolaan yg benar dilapang. Dalam hal ini balitjestro mengawal penanaman jeruk tersebut dibarengi dengan pendampingan bagaimana Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS) bisa  dilakukan dengan benar.

Pendampingan dimulai dengan pelatihan petani pilihan dan petugas lapang  teknologi  PTKJS di balitjestro . Kegiatan  tersebut dilanjutkan dengan penanaman baru jeruk siam pontianak yg dikuti dengan kegiatan penanaman benih jeruk  berlabel bebas penyakit.Tahun 2017 misi mengembalikan kejayaan jeruk pontianak dilakukan dengan kegiatan rehabilitasi jeruk siam pontianak pada tanaman produksi di Sebuk Tanjung. Kegiatan dilakukan pada kelompok tani alam jaya 2 yang terdiri dari 28 anggota dengan populasi tanaman jeruk sebanyak kurang lebih 900 pohon.

Tahap berikutnya adalah pendataan tanaman yang dicurigai terserang penyakit HLB dan diplodia. Hasil survei pada kelompok tani tersebut ditemukan 620 tanaman jeruk terindikasi serangan 2 penyakit tersebut. Langkah selanjutnya dilakukan penebangan dan penggantian tan baru benih berlabel bebas penyakit dari balitjestro sebanyak 620 tan. Penggantian tan tersebut bertujuan untuk menekan serangan penyakit HLB diabawah 5%.

Serangkaian kegiatan sudah dilakukan untuk menekan perkembangan penyakit HLB dengan melakukan FGD dengan kepala dinas Pertanian Kabupaten Sambas, Universitas Tanjungpura, Balitjestro, petugas dan petani yang dilanjutkan dengan memberikan pelatihan singkat pada anggota kelompok. Fokus pelatihan yaitu tentang serangga vektor atau penular penyakit kutu loncat jeruk dan cara pengendaliannya dan teknik budidaya jeruk sehat.(otto/fjr)