Untuk Referensi Pengembangan Buah, Anggota DPRD Pegunungan Arfak Kunjungi Balitjestro

Ir Agus Sugiyatno, MP menerima kunjungan DPRD Pegunungan Arfak Papua Barat
Ir Agus Sugiyatno, MP menerima kunjungan DPRD Pegunungan Arfak Papua Barat

Untuk menambah pengetahuan tentang buah jeruk dan subtropika sebanyak 28 orang anggota DPRD Pegunungan Arfak , Papua Barat mengadakan studi banding di Balitjestro, Rabu 18/05/2016.

Menurut Ever Dowansi , S.IP selaku sekretaris dewan, kunjungan ini untuk belajar tentang komoditas buah yang dapat dikembangkan di sana. Kondisi geografis Pegunungan Arfak yang hampir sama dengan kota Batu, untuk itu perlu adanya pembelajaran untuk pengembangan komoditas yang cocok untuk ditanam di sana. Sehingga harapan dari kegiatan ini ke depan untuk referensi dalam usaha mengembangkan buah di Pegunungan Arfak.

Kunjungan ini diterima oleh Ir.Agus Sugiyatno, MP koordinator jaslit mewakili kepala balai. Dalam sambutanya disampaikan berbagai i berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika. Berbagai varietas unggul sudah banyak dilepas oleh Kementerian Pertanian untuk dikembangkan di Indonesia . Varietas-varietas tersebut diharapkan mampu berkembang untuk bersaing dengan komoditas impor yang sudah membanjiri pasar di Indonesia.

Melihat kondisi geografis wilayah Pegunungan Arfak yang memiliki ketinggian diatas 1500mdpl dapat dimungkinkan untuk ditanami tanaman buah subtropis seperti apel, dan stroberi. Sehingga ke depan kunjungan ini dapat ditinjaklanjuti dengan bimbingan teknis bagi petugas atau petani apabila ingin mengembangkan komoditas tersebut di sana.

Anngota DPRD Pegunungan Arfak menerima penjelasan tentang tanaman Apel oleh Setiono, SP
Anngota DPRD Pegunungan Arfak menerima penjelasan tentang tanaman Apel oleh Setiono, SP

Selain itu disampaikan pula kemudahan akses untuk mencari informasi dari Balitjestro melalui website dan media sosial yang telah banyak dipunyai semua orang.  Jadi dengan fasilitas tersebut akan lebih mudah dalam mencari informasi.

Selanjutnya para petugas berkeliling kebun dengan dipandu oleh Setiono, SP teknisi Balitjestro. Di kebun para anggota dewan diberi penjelasan tentang budidaya apel, anggur dan jeruk. (fjr)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event