TTP Tanjung Lago Kembangkan Jeruk Sistem Surjan

IMG-20160520-WA0001

Taman Teknologi Pertanian (TTP) Tanjung Lago terletak di  komplek Kota Terpadu Mandiri (KTM) Telang sekitar 45 km dari kota Palembang ke arah Pelabuhan Tanjung Api-api, Sumatera Selatan. TTP merupakan suatu wahana diseminasi (display) teknologi pertanian hasil-hasil penelitian dan pengembangan pertanian Kementerian Pertanian .

Untuk mendukung program tersebut dilakukan kegiatan pendampingan yaitu tentang teknik budidaya jeruk di lahan pasang surut dengan sistem surjan oleh Ir.Otto Endarto, M.Si beberapa waktu lalu. Kegiatan pendampingan yang dilakukan 6 bulan setelah tanam yaitu melakukan TOT pada petugas lapang bagaimana membentuk arsitektur tanaman jeruk yang baik dan benar sehingga pada saat tanaman memasuki fase produksi diharapkan hasil yang dicapai optimal.

Kegiatan dilakukan pada demplot jeruk Siam Pontianak diareal TTP.Melihat pertumbuhan yang cukup cepat dan subur rata-rata persepsi petugas lapang sayang untuk memangkasnya ikhawatir produksi berkurang.

IMG-20160520-WA0002

Setelah diberi penjelasan dan praktek secara langsung, petugas baru mengerti bahwa kunci keberhasilan produksi tanaman jeruk diawali dari benih yang sehat dan pemangkasan arsitektur tanaman dan dilanjutkan dengan pemangkasan pemeliharaan.

Harapan dari para petugas, pengawalan terus dilakukan agar persepsi petani yang selama ini diacu dapat diperbaiki sehingga produktivitas buah jeruk akan maksimal.  (Ir. Otto Endarto, M.Si)

Related Post

Tinggalkan Balasan