Tips Memilih Varietas Sebelum Menanam Jeruk

Keprok batu 55 cocok ditanam di dataran tinggi
Keprok batu 55 cocok ditanam di dataran tinggi

Tanaman jeruk hampir sebagian besar dapat tumbuh di seluruh wilayah Indonesia, bahkan ada varietas tertentu yang mampu tumbuh dan berproduksi dengan baik mulai dari dataran rendah sampai tinggi seperti jeruk Siam dan Keprok Terigas. Bagi para peminat yang ingin menanam jeruk dan belum bisa menentukan varietas apa yang hendak dipilih untuk ditanam maka informasi ini dapat dijadikan referensi seblemu menanam.

Varietas jeruk tumbuh baik dan mampu berproduksi pada dataran rendah ( 50-600 m dari muka laut ) antara lain: Siam Pontianak, Siam Banjar, Keprok Terigas, Keprok Madura, Keprok Tejakula, Keprok Selayar, Keprok Siompu, Keprok Borneo Prima, Manis Pacitan, Pamelo Magetan, Pamelo Nambangan, Pamelo Srinyonya, Pamelo Ratu, Pamelo Raja, Nipis.

Ciri-ciri tanaman jeruk yang ditanam pada dataran rendah antara lain :

  • Tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan bila ditanam di dataran tinggi
  • Saat buah masak kulit buahnya masih berwarna hijau
  • Kulit buahnya cenderung lebih tipis
  • Panen 6-7 bulan sejak bunga mekar

Kemudian varietas yang tumbuh baik didataran tinggi (800-1200 m dari muka laut ) antara lain : Keprok Batu 55, Keprok Tawangmangu, Keprok Garut, Keprok Soe, Keprok Berastepu, Keprok Kacang, Keprok Pulung, Keprok Gayo, Keprok RGL, Siam Gunung Omeh, Siam Madu, Manis Valensia, Manis Punten, Manis Waturejo, dll.

Ciri-ciri tanaman jeruk yang ditanam pada dataran tinggi antara lain :

  • Tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan bila ditanam di dataran rendah.
  • Saat masak kulit buah berwarna kuning sampai orange
  • Kulit buah cenderung tebal
  • Umur panen 7-8 bulan sejak bunga mekar

Selanjutnya varietas jeruk yang berbunga sepanjang tahun (2-3 kali setahun) tanpa mengalami cekaman (stress) air, tanaman jeruk akan berbunga saat sudah memasuki masa generatif (± 2-2,5 tahun) dan akan selalu diikuti munculnya bunga setiap terjadi pertumbuhan tunas baru. Tipe varietas jeruk seperti ini setidaknya dalam satu pohon terdapat 3 tahap buah yaitu buah siap panen, buah muda (umur 3 bulan) dan buah kecil (umur 1 bulan). Varietas jeruk seperti ini perlu mendapatkan air dan pupuk yang cukup agar umur produksinya lama dan menghasilkan berbuah secara normal. Varietas-varietas tersebut antara lain : Siam Pontianak, Siam Madu, Siam Kintamani, Siam Banjar, Keprok Terigas, Keprok RGL. [Hadi Mulyanto, SP/balitjestro]

Siam Pontianak cocok ditanam di dataran rendah
Siam Pontianak cocok ditanam di dataran rendah

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event