Tips Membedakan Jenis Jeruk

Seringkali kita kesulitan membedakan jenis jeruk. Manakah yang jeruk keprok, jeruk siam, jeruk manis dan jeruk pamelo. Belum lagi jika masuk ke aneka macam varietas jeruk. Misalnya bagaimana membedakan jeruk keprok antara keprok Batu 55, keprok Gayo, keprok Borneo Prima, Keprok Tejakula dan seterusnya. Pertanyaan ini sering pula kami terima baik melalui email, media sosial maupun pengunjung yang datang ke Balitjestro mulai dari petani, pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum.  Artikel ini akan menjelaskan mengenai tips bagaimana membedakan jenis jeruk, khususnya pada kelompok besar yaitu membedakan jenis jeruk keprok, jeruk siam, jeruk manis dan pamelo.

Jeruk merupakan salah satu buah yang dapat dibudidayakan di berbagai tempat mulai dataran rendah hingga dataran tinggi, daerah tropis hingga subtropis. Di berbagai belahan dunia keragaman jeruk berbeda-beda. Jenis-jenis jeruk yang banyak dijumpai di Indonesia diantaranya jeruk Manis (Citrus Sinensis L.), jeruk Keprok (Citrus reticulata), jeruk Siam (Citrus Nobilis), jeruk besar/Pamelo (Citrus maxima Merr, Citrus grandis Osbeck), jeruk Lemon (Citrus limon Linn), jeruk Lime (Citrus aurantifolia Swingle), jenis jeruk sitrun (Citrus medica Limnaeus), jeruk grape fruit (Citrus paradise Mactdijen) dan jeruk-jeruk hybrid.

Balitjestro sampai saat ini (2016) mempunyai koleksi 241 varietas pohon induk jeruk hasil eksplorasi dari berbagai daerah seluruh Indonesia dan beberapa diantaranya adalah hasil introduksi. Keanekaragaman jeruk yang begitu tinggi diakibatkan sifatnya yang mudah untuk disilangkan. Semua spesies yang termasuk dalam subgenus citrus ada beberapa karakter yang perlu diperhatikan dalam pencirian varietas, diantaranya adalah: morfologi daun, habitus tanaman, bentuk dan tidaknya sayap daun, morfologi bunga, morfologi buah dan biji.

Tabel 1. Perbandingan Karakter Penting Jeruk Manis (Citrus sinensis), Jeruk Keprok (Citrus reticulate), jeruk Siam (Citrus nobolis), jeruk Besar/Pamelo (Citrus maxima).

Tabel Perbedan Jeruk

Gambar 1. Dari kiri daun jeruk pamelo, jeruk manis, jeruk siam, jeruk keprok.
Gambar 1. Dari kiri daun jeruk pamelo, jeruk manis, jeruk siam, jeruk keprok.

Tipikal daun jeruk pamelo dan jeruk manis memiliki sayap daun, helaian daun berbentuk bulat telur. Daun jeruk pamelo lebih lebar dibandingkan daun jeruk manis. Daun jeruk keprok dan siam tidak memiliki sayap daun, helaian daun jeruk siam lebih lebar dibandingkan dengan jeruk keprok. Helaian daun jeruk keprok berbentuk bulat telur memanjang, elliptis dengan ujung tumpul, melekuk ke dalam sedikit/bergelombang.

Gambar. Dari kiri tampilan buah jeruk pamelo, jeruk manis, jeruk keprok dan jeruk siam
Gambar. Dari kiri tampilan buah jeruk pamelo, jeruk manis, jeruk keprok dan jeruk siam

Jeruk pamelo yang juga biasa disebut jeruk Bali mempunyai ciri khusus yaitu ukurannya besar. Selama ini masyarakat mengenalnya dengan nama jeruk Bali, padahal jeruk pamelo ada banyak varietas. Balitjestro memiliki koleksi 34 varietas pamelo yang terawat dengan baik di Kebun Percobaan Punten. Ciri jeruk Pamelo adalah bentuk buah bulat dan ada yang berbentuk agak gepeng dengan berat 1.150-3.400 gram, diameter 14,56-25,1 cm, warna kulit hijau sampai hijau kekuningan, tebal kulit 2,1 – 3,73 cm, kerekatan dengan daging buah sangat kuat, warna daging buah putih sampai merah, jumlah segmen  10-18, kerekatan antar segmen sedang  ukuran pulp lebih panjang  dibandingkan dengan jenis jeruk yang lain.  Brix 11-12 % dan mempunyai daya simpan yang baik.

Jeruk manis bisa disebut sebagai jeruk iris, karena kulit buah kebanyakan tidak dapat dikupas. Pemanfaatan jeruk manis ini biasanya dengan cara diiris atau diperas. Segmen menyatu satu sama lain hingga sulit untuk dipisah-pisahkan. Bentuk bulat dan bulat telur, berat rata-rata 190-497 gram, diameter buah 7,2-10,3 cm, warna permukaan kuning, hijau kekuningan dan oranye. Tekstur permukaan agak halus sampai kasar, kulit buah relatif tebal 6.2-7.75 mm, kerekatan dengan daging buah kuat, warna daging buah rata-rata kuning, ada beberapa varietas yang berwarna merah jumlah biji 5-19 ada juga yang tanpa biji, brix 9 – 14 %

Gambar 3. Gambar buah  jeruk Pamelo (Citrus maxima Merr, Citrus grandis Osbeck)
Gambar 3. Gambar buah  jeruk Pamelo (Citrus maxima Merr, Citrus grandis Osbeck)
Perbedaan Jeruk - Jeruk Manis Balitjestro
Gambar 4. Buah jeruk Manis (Citrus Sinensis L.)

Secara keseluruhan jeruk siam dan jeruk keprok memiliki karakter yang hampir sama, bagi masyarakat awam akan sulit untuk membedakannya, kami mencoba untuk menjelaskan cirri-ciri fisik buah dari kedua jeruk agar lebih mudah mengenalinya.

Jeruk keprok atau Citrus sinensis (L) Osbeck sangat disukai masyarakat karena mempunyai rasa manis sedikit asam dan segar, warna kulit menarik dan mudah dikupas. Berat jeruk keprok 125-274 gram, bentuk buah jeruk keprok  pada umumnya bulat ada yang gepeng, ciri khas mempunyai  konde, tekstur permukaan agak kasar, warna kulit pada dataran tinggi bisa sampai oranye. Mempunyai dinding buah tebal dengan lapisan kulit luar yang kaku, ketebalan kulit 3.13-4.63 mm.

Buah Jeruk K. Konde Purworejo dan K. Batu 55
Gambar 5. Buah Jeruk K. Konde Purworejo dan K. Batu 55
Gambar 6. Buah jeruk siam pontianak  
Gambar 6. Buah jeruk siam pontianak

Jeruk siam banyak ditemui di pasar tradisional mempunyai rasa yang manis, kulit tipis dan mudah dikupas. Ukuran jeruk siam relatif lebih kecil dibandingkan dengan jeruk keprok, dengan kisaran  99.8-112.2 gram. Buah berbentuk bulat dengan ujung buah bundar. Kulit buah berwarna hijau kekuningan, mengkilat. Ketebalan kulit sekitar 1.8 – 2.5 mm, lebih tipis daripada jeruk keprok. Tekstur permukaan kulit buah siam lebih halus karena pori-pori lebih rapat dan berukuran kecil  0.8 mm, terlihat pada Gambar (7) pori-pori jeruk keprok lebih jarang dengan ukuran besar ≥1.2 mm. Hal ini salah satu cara mudah untuk membedakan antara jeruk keprok dan siam, walau ada varietas tertentu yaitu jeruk keprok terigas kulit buah yang tipis hampir sama dengan jeruk Siam.

Perbedaan Jenis Jeruk (13)
Gambar 7. Dari kiri tekstur Permukaan kulit jeruk Keprok dan Siam
Jeruk siam
Gambar 8. Dari kiri belahan jeruk keprok dan siam.
Gambar 9. Albedo dan bulir pulp jeruk keprok dan siam
Gambar 9. Albedo dan bulir pulp jeruk keprok dan siam

Lapisan tengah jeruk seperti spons yang terdiri atas jaringan bunga karang berwarna putih disebut Albedo. Dari gambar diatas ada perbedaan albedo antara keprok dan siam. Tekstur albedo pada jeruk keprok lebih kasar. Di dalam kulit buah ada segmen (bagian buah), setiap segmen mempunyai kulit tipis, putih transparan (jernih). Didalam segmen ada daging (pulp) yang berwarna kuning oranye rasanya manis dan sedikit asam. Pulp ini terdiri dari gelembung kecil yang kedua ujungnya runcing atau tumpul, berisi cairan dan letaknya bebas. Pulp jeruk siam lebih lembut dibandingkan jeruk keprok, dari gambar diatas jelas terlihat perbedaan ukuran maupun bentuknya. Nah dari ulasan diatas sangat mudah kita mengenal jeruk Keprok dan jeruk Siam.

Oleh : Sri Andayani (Teknisi Balitjestro )

Tinggalkan Balasan