Tingkatkan Kapasitas Penyuluh, BKP3 Kabupaten Bandung Adakan Bimtek di Balitjestro

dsc_0348

Untuk peningkatan kapasitas penyuluh pertanian agar memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan dan motivasi dalam tugas, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Bandung mengadakaan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) di Balitjestro, 8-10 Nopember 2016.

Kegiatan ini diterima oleh kepala Balitjestro Dr.Ir Joko Susilo Utomo, MP. Kemudian dijelaskan berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika. Inovasi tersebut diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat untuk peningkatan hasil produksi pertaniannya.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini yaitu, Perbenihan Jeruk Bebas Penyakit, Budidaya Jeruk Bebas Penyakit, dan Pengendalian Hama Penyakit Jeruk yang disampaikan oleh peneliti di bidangnya masing-masing.

Peserta bimtek yang berjumlah 40 orang penyuluh diharapkan mampu menyerap materi yang disampaikan sehingga dapat diimplementasikan di daerah masing-masing. Dengan bekal tersebut penyuluh dapat mentransfer ilmu kepada petani untuk diterapkan.

Selain pemberian materi peserta bimtek juga melakukan kegiatan praktikum di Kebun Percobaan Punten. Di kebun ini peserta dapat belajar teknologi perbenihan jeruk bebas penyakit. Benih bebas penyakit akan mampu berproduksi dengan baik dan berumur panjang dengan pengelolaan yang benar. Dengan melihat alur perbenihan yang benar ke depan dapat dijadikan pedoman dalam memberikan penyuluhan bagi penangkar untuk menghasilkan benih yang berlabel bebas penyakit. (fjr)