Timba Ilmu, Kelompok Tani Dharma Bhakti Studi Banding Ke Balitjestro

dsc_8859

Balitjestro kedatangan para petani dari Kelompok Tani Dharma Bhakti Desa Maron, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Kamis 15/09/2016. Tujuan mereka berkunjung ke Balitjestro adalah untuk melakukan studi banding dan menambah wawasan teknik budidaya jeruk yang baik. Pasalnya mereka baru mengembangkan jeruk 4 (empat) tahun terakhir ini dan masih mengalami beberapa kendala sehingga menyebabkan mereka harus membongkar tanaman dan mengalami kerugian. Hal ini diutarakan oleh Yotti Hadiana selaku Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Blitar saat memberikan sambutan untuk mengawali kunjungan mereka.

Sambutan selamat datang dari Balitjestro disampaikan oleh Ir. Agus Sugiyatno, MP yang mewakili Kepala Balitjestro sekaligus menjelaskan Profil Balitjestro. Beliau sedikit menyinggung tentang teknologi top working dan degreening yang bisa dicoba diterapkan untuk mengatasi permasalahan petani jeruk di Kabupaten Blitar.

Sesi selanjutnya Ir. Setiono, salah satu teknisi di Balitjestro, memberikan materi mengenai budidaya jeruk yang benar untuk mendukung agribisnis jeruk, mulai dari persiapan, penanaman, pemeliharaan, panen, sampai pascapanen. Beliau memberikan beberapa alternatif varietas jeruk dataran rendah yang sesuai dengan ketinggian tempat, iklim dan kondisi tanah di Kabupaten Blitar.

dsc_8858

Namun dalam pemilihan varietas pun harus tetap memperhatikan orientasi pasar, memilih varietas yang unggul, memiliki harga jual tinggi, inovatif dan sedang trend saat ini. Beliau menekankan tentang pemilihan mutu benih yang baik, penataan posisi perakaran, pemotongan akar yang bengkok dan busuk, penjarangan buah, serta pemberian pupuk yang cukup dan seimbang. Hal ini dapat menjawab beberapa permasalahan yang dihadapi petani jeruk Blitar yaitu keliru dalam memilih benih jeruk, pertumbuhan tanaman lambat dan kesalahan dalam pemberian pupuk.

Sesi diskusi berlangsung secara interaktif dan dilakukan langsung di lapangan. Dua puluh dua petani dari Kabupaten Blitar ini cukup mendapatkan pencerahan dan bersemangat untuk mengembangkan jeruk di Blitar menjadi lebih baik lagi. (fena)

Agenda

no event