Tim Monev Pantau Capaian Kegiatan Balitjestro 2012

Tim monitoring dan evaluasi (monev) Puslit Hortikultura melakukan tugasnya di Balitjestro mulai Rabu (13/06) dan diakhiri Jum’at (15/06). Tim ini terdiri dari Dr. Budi Marwoto, Dr. Idha Widi Arsanti, Ir. Lenny H. Sule, MSi, Lieswidowati, SE, dan Ngatirah.

Tim telah melakukan monitoring dan evaluasi berbagai aspek dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana capaian kegiatan dibandingkan dengan rancangan tujuan/sasaran yang akan dicapai dan prospek keberhasilan di tengah tahun ini sampai dengan akhir waktu pelaksanaan. Hasil pelaksanaan monitoring internal mencakup perkembangan administrasi, perkembangan capaian target penelitian, perkembangan sinergi kelembagaan program, perkembangan kerja sama, dan capaian kegiatan manajeman.

Tim monev melakukan uji petik penelitian di Selokerto di mana terkenal dengan sentra jeruk manis pacitan (jeruk baby) dan keprok batu 55. Di Selokerto terdapat 2 penelitian RPTP (Rencana Penelitian Tim Peneliti) yaitu Teknologi Perbaikan Mutu Buah Jeruk dan Teknologi Antisipasi Dampak Perubahan Iklim Ekstrim Terhadap Resiko Kegagalan Panen pada Tanaman Jeruk. Dalam kunjungan ini, Dr. Budi Marwoto memberikan banyak masukan untuk perbaikan penelitian yang sedang berlangsung. Harapannya di akhir tahun, target tercapai dan penelitian yang dilakukan benar-benar bermanfaat.

Gambar. Tim Monev Puslit Hortikultura melakukan uji petik RPTP Pengendalian Mutu Buah Jeruk di Selokerto dan merasakan buah jeruk penelitian yang sedang berlangsung (gambar kiri; Dr. Budi Marwoto dan Oka Ardiana – gambar kanan; Dr. Budi Marwoto, Buyung Al Fanshuri dan Ir. Lenny H. Sule, MSi)

Dalam monev kali ini terdapat suatu hal yang baru, dimana jika sebelumnya hanya dilakukan uji petik dan pemeriksaan administrasi, kali ini dilakukan pula presentasi tiap judul penelitian (RPTP) dan Rencana Diseminasi Hasil Penelitian (RDHP), juga RKTM (Rencana Kerja Tingkat Manajemen). Harapannya dengan paparan dan perkembangan yang dicapai, ada diskusi yang lebih objektif sehingga dapat melakukan konfirmasi dan memberi masukan langsung sekaligus menghindari upaya penghakiman pemeriksa terhadap kegiatan yang bersangkutan.

Gambar. Lokasi penelitian di Selokerto

 

Tinggalkan Balasan