Tertarik Kembangkan Jeruk, Abah Anton Kunjungi Balitjestro

dsc_8910

Walikota Malang Ir.H. Muhammad Anton beserta Ka Dinas Pertanian dan staf terkait melakukan kunjungan lapang ke Balitjestro, Kamis 15/09/2016. Kunjungan ini diterima oleh kepala Balitjestro, Dr.Ir. Joko Susilo Utomo, MP.

Dalam kegiatan ini Abah Anton panggilah akrab Walikota Malang menyampaikan ketertarikannya akan pengembangan jeruk. Namun beliau juga mengharapkan adanya penanganan pasca panen dan pasar yang siap menampung hasilnya, karena akan lebih mudah untuk mendorong petani untuk mengembangkan apabila pasar sudah jelas. Hal ini terkait dengan banyaknya alih fungsi lahan ke pemukiman karena lebih memberikan keuntungan.

Dengan adanya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam membangun pertanian akan lebih mudah untuk mewujudkan swasembada pangan seperti yang dicanangkan pemerintah. Dengan adanya kebijakan akan pasar dan harga yang jelas, petani tidak lagi menjual lahannya apabila hasil produksinya mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Menanggapi kunjungan Abah anton, Ka Balitjestro Dr.Ir.Joko Susilo Utomo, MP menyampaikan sekilas tentang inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dalam mendukung pertanian khususnya Jeruk dan buah Subtropika di Indonesia. Beberapa kawasan telah berhasil mengembangkan jeruk dan mulai dilirik oleh eksportir seperti di Tuban yang selama ini prosesnya dikawal oleh tim Balitbangtan. Kemudian wilayah pulau terdepan di Nunukan Kaltara yang juga dikawal teknologinya berhasil mengembangkan Keprok Borneo Prima dan luas area tanam meningkat dalam 2 tahun terkahir.

dsc_8896

Balitbangtan siap memberikan dukungan inovasi teknologi apabila pemerintah Kota Malang ingin mengembangkan jeruk di lahan yang masih tersedia. Wilayah Kota Malang sekarang lahannya sudah banyak yang beralih fungsi menjadi pemukiman sehingga untuk pengembangan bisa di lakukan dengan tabulampot bagi masyarakat yang tidak mempunyai lahan yang luas dan kebun bagi yang masih mempunyai lahan. (fjr)

Agenda

no event