Terapkan Bujangseta, keuntungan petani pun meningkat

Perkembangan teknologi Pembuahan Jeruk Berjenjang Sepanjang Tahun( Bujangseta ) di Banyuwangi menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Hal itu terlihat ketika tim Bujangseta Balitjestro yang turun lapang melakukan monitoring perkembangan demo plot Bujangseta di kebun petani jeruk Banyuwangi, 12 – 15 Desember 2018.

Dalam kegiatan tersebut beberapa petani di Kecamatan Cluring dan Bangorejo mengungkapkan hasil yang didapat setelah mengaplikasikan bujangseta di lahannya. Dari keterangan petani,  selama melakukan bujangseta tanamannya bisa berjenjang 4 – 6 tingkatan.

Disaat harga jatuh saat panen raya petani juga merasakan,tetapi dapat teratasi  dengan bujangseta yang bisa panen diluar musim dengan harga cukup tinggi. Jadi petani tetap mendapatkan keuntungan yang meningkat.

Ir Arry Supriyanto, MS penanggungjawab penelitian bujangseta mengatakan, dengan adanya Bujangseta diharapkan mampu mengatasi permasalahan petani akan anjloknya harga buah jeruk yang terjadi pada panen raya yang berkisar di bulan Juni, Juli, dan Agustus. Ke depan diharapkan petani tetap mengadopsi teknologi ini untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.