Teknologi Penghematan Air pada Kebun OPAL Balitjestro

Ketersediaan air bagi tanaman merupakan isu yang sangat penting. Sebagaimana diketahui bahwa air merupakan kebutuhan mutlak bagi tanaman, tanpa air maka tanaman akan mati. Pada musim kemarau sekarang ini, air menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak bagi tanaman. Banyak kasus terjadi keributan antar petani dikarenakan kesalahpahaman dalam penggunaan air.

Kebun OPAL Balitjestro terletak di lahan kering yang juga mempunyai permasalahan air. Oleh karena itu, pengggunaan air irigasi di lahan dikelola dengan teknologi penghematan air. Teknologi yang diaplikasikan juga sebagai sarana untuk diseminasi ke para pengunjung. Ada dua sistem irigasi yang digunakan, yaitu sprinkler dan micro irrigation. Micro irrigation yang diterapkan ada dua yaitu irigasi micro permukaan tanah dan bawah permukaan.

Sprinkler dan micro irrigation tergolong ke dalam sistem irigasi tekanan, dimana tekanan air sangat mempengaruhi kelancaran pengairan. Keuntungan penggunaan teknologi ini utamanya adalah efisiensi penggunaan air, efisiensi tenaga kerja dan produksi tanaman per liter air maksimal. Sedangkan kelemahannya adalah biaya awal yang tinggi, perlunya keahlian dan terjadi penyumbatan jika air tidak bersih. Pada display teknologi stroberi, irigasi mikro dikombinasikan dengan pemupukan. Pupuk diberikan dalam bentuk cair yang tersimpan dalam bak nutrisi yang kemudian diberikan dengan sistem injeksi pada saluran air serta diberikan seminggu dua kali. Pupuk yang digunakan adalah nutrisi hidroponik khusus buah dengan EC 2.5. (Fanshuri)

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah