Teknik Persusuan Pada Tanaman Jeruk

Dalam budidaya tanaman jeruk petani sering menghadapi kendala dalam pemeliharaannya. Kendala tersebut antara lain serangan hama penyakit dan gejala negatif lainnya yang menganggu pertumbuhan tanaman.

Untuk mengatasi gejala negatif tanaman yang disebabkan oleh serangan penyakit diantaranya; busuk pangkal batang,  kanker batang serta busuk batang tanaman (cangkok) dan karena kesalah teknis budidaya diantaranya tanaman kerdil karena akar terlipat dan batang bawah yang tidak kompatibel dapat dilakukan dengan teknik persusuan.

Persusuan merupakan  suatu proses atau tindakan teknis untuk mencegah dan menanggulangi gejala negatif tanaman yang disebabkan oleh penyakit serta kendala  kesalahan teknis lainya yang menyebabkan tanaman tersebut mengalami gangguan pertumbuhan sehingga produktifitasnya menurun bahkan tanaman mengalami kematian.

Teknik persusuan sangat mudah dilakukan sehingga tanaman yang mengalami kendala tidak serta merta harus dibongkar atau diganti dengan tanaman yang baru sehingga petani dapat mengaplikasikannya pada tanaman apabila menemui gejala negatif pada tanamannya.

TANAMAN HASIL PERSUSUAN BERPRODUKSI DENGAN BAIK

Oleh: Ady Cahyono, SP

 

Related Post