Tanggapan Peserta BITE di Stand Balitjestro

IMG_0487

Event BITE menjadi ajang interaksi antara peneliti, teknisi dan petani dan stake holder terkait. Masukan dari peserta kunjungan ke stand yaitu;

1) Banyak praktisi dan petani jeruk menyarankan bahwa acara seperti ini harusnya digelar secara periodik 1 tahun sekali, karena petani langsung berdiskusi dengan pakar sehingga keluhan dan masalah dilapang segera dapat diatasi (petani Pati, Bappeda Blora Jateng).

2) Petani dan praktisi di bidang jeruk tidak banyak yang tahu keberadaan Balitjestro tahunya hanya Diperta (petani Blitar dan Tulungagung).

3) Teknologi pengendalian dengan alat Bark Pesticide Aplicator (BPA) merupakan alat pengendali hama yang efisien dan ramah lingkungan. Dari demo yang dilakukan banyak yang menanyakan dimana alat tersebut dapat dibeli dan harganya berapa. Kemudian bahan aktif insektisida apa saja yang digunakan (prisipnya dengan bahan aktif yang bekerja secara sistemik).

4) Program deteksi hama dilapangan sistem pakar berbasis android segera disosialisasi ke petugas POPT atau PHP karena sangat berguna dan mudah dilakukan.

5) Deteksi CVPD dilapang dengan tes yodium sangat praktis dan murah yang dapat dilakukan oleh petani dilapang. Kalau habis bagaimana mendapatkannya lagi? Apa bisa buat sendiri (praktisi dari papua). Kemudian kadaluarsanya berapa lama. (otto)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event