Tambah Wawasan, Petani Madura binaan Asterindo Berkunjung ke Balitjestro

 

Senin, 19/03/2018, PT Agro Sejahtera Indonesia (Asterindo) berkunjung ke Balitjestro dengan membawa 10 (sepuluh) orang petani binaan dari Madura. Asterindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang agrokimia khususnya dalam penjualan pestisida. Kunjungan diterima langsung oleh Setiono, SP., yang bertempat di Ruang Rapat Dimocarpus Balitjestro.

Bertolak dari minat para petani untuk mengembangkan tanaman jeruk di daerahnya, Asterindo membawa mereka ke Balitjestro untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang budidaya tanaman jeruk karena Balitjestro dianggap sebagai lembaga pemerintah yang sudah ahli dalam bidang perjerukan. Hal ini disampaikan oleh Edi Purwanto selaku Manajer Asterindo.

Setiono menjelaskan peran dan tupoksi Balitjestro, varietas komoditas yang dikembangkan, inovasi teknologi yang dihasilkan, serta cara budidaya jeruk mulai dari persiapan tanam, pemeliharaannya, sampai dengan pengendalian hama dan penyakit. Dilanjutkan dengan melihat beberapa koleksi tanaman jeruk di halaman kantor dan diskusi tanya jawab di kebun produksi tanaman jeruk.

Pada akhir kunjungan ini tak lupa disampaikan oleh staf jaslit, Umi Nurul, mengenai pembagian benih gratis 1,2 juta benih jeruk, 85 ribu benih apel, 50 ribu benih lengkeng, dan 50 ribu benih anggur kepada setiap orang yang berkeinginan budidaya tanaman jeruk. Namun untuk mendapatkannya tetap ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Mendengar kabar bahagia tersebut, para petani sangat antusias untuk meraih kesempatan mendapatkan benih gratis ini. (Trifena)