Tambah Wawasan, Petani Jeruk Jember Berkunjung ke Balitjestro

Kamis, 14 September 2017, sebanyak 6 (enam) orang petani berkunjung ke salah satu kebun Balitjestro tepatnya di Kebun Percobaan (KP) Banaran di Desa Banaran, Bumiaji, Batu.

Kunjungan ini merupakan inisiatif dari PT Biotis Agrindo yang merupakan salah satu perusahaan yang menekuni bisnis distribusi pestisida. Perusahaan tersebut membawa beberapa petani binaannya untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang budidaya tanaman jeruk di Balitjestro.

Ady Cahyono, Kepala KP Banaran, menerima dengan baik kunjungan tersebut yang dimulai dari pagi hingga siang hari. Mulai dari persiapan tanam, pemeliharaannya, sampai dengan pengendalian hama dan penyakit dijelaskan secara tuntas dalam diskusi tanya jawab. Terlebih lagi Eko Setyono, perwakilan dari PT Biotis yang sekaligus berprofesi sebagai petani, juga ingin tahu lebih banyak tentang pengaplikasian pestisida pada tanaman jeruk.

Yang paling menarik dari kunjungan ini adalah praktek pemijatan dan pelengkungan pada tanaman jeruk keprok, karena hal ini merupakan ilmu baru untuk petani Jember. Teknik sederhana ini dapat mempercepat produksi pada tanaman jeruk keprok. “Pijat lengkung baiknya dilakukan pada awal musim kemarau karena pada saat itu kondisi tanaman agak layu sehingga mudah untuk dilakukan pelengkungan” jelas Ady Cahyono.  (Trifena)