Tambah ilmu tentang jeruk dan buah subtropika, SMK N 1 Salam kunjungi Balitjestro

Balitjestro menerima kunjungan lapang 103 siswa kelas X dan 10 guru pendamping dari SMK N 1 Salam Magelang, Jawa Tengah, Selasa (12/3/2019).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang perbanyakan tanaman jeruk dan buah subtropika serta budidayanya.

Kunjungan ini diterima oleh Umi Nurul Taflikha, SP staf jasa penelitian. Kemudian  disampaikan sekilas tentang Balitjestro dan berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (balitbangtan) dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia.

Dalam budidaya jeruk, Balitjestro telah menghasilkan teknologi bujangseta untuk mengatur pembuahan jeruk berjenjang sepanjang tahun. Teknologi ini untuk mengatasi anjloknya harga di masa panen yang hanya menumpuk di bulan-bulan tertentu.

Dalam kesempatan ini kunjungan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu jeruk dan apel. Setiap kelompok akan dipandu oleh teknisi untuk menjelaskan tentang komoditasnya. Jeruk dipandu oleh Setiono SP dan apel oleh Didiek Kristiyanto SP.

Di lapang siswa dijelaskan tentang proses perbenihan atau perbanyakan tanaman khususnya jeruk dan apel. Materi ini meliputi dari awal pembuatan benih dan cara budidayanya apabila sudah ditanam.

Untuk mempermudah dalam berkomunikasi maupun mencari informasi mengenai Balitjestro dapat dilakukan melalui website dan media sosial. Balitjestro sendiri menerima magang atau praktek kerja lapang bagi siswa yang berminat pada penelitian jeruk dan buah subtropika. (af)