Supride Gandeng Balitjestro Kembangkan Jeruk Manis Pacitan

balitjestro.sunpride2 (2)PT. Sewu Segar Nusantara (SSN) adalah perusahaan distribusi dan pemasaran buah nusantara dan impor. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1995. Produk utama yang ditangani adalah pisang, nanas, melon, jambu biji, pepaya, kiwi, apel, pir, jeruk, pomelo, anggur.

Salah satu merk SSN adalah Sunpride. Melihat pangsa pasar jeruk nusantara yang tumbuh positif, Sunpride membuka Rumah Packaging House (RPH) di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Batu. Untuk itulah, Sunpride menggandeng Balitjestro dalam upaya mengembangkan kualitas jeruk manis pacitan di petani. Pengembangan difokuskan dalam keseragaman kualitas, teknik budidaya, warna kuning merata dan tingkat kemanisan yang tinggi.

Dengan diresmikannya RPH di sentra jeruk manis pacitan ini, Sunpride berharap setiap pekan akan mendapat pasokan 5 ton jeruk dengan kualitas terbaik. Bagi petani dan masyarakat sekitar, RPH ini diharapkan mendatangkan dampak yang positif dimana petani mempunyai jalur distribusi langsung ke pemasaran tanpa melalui tengkulak sehingga dapat mengangkat sisi ekonomi mereka.

SSN menyediakan berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh RPH, mulai dari meja sortasi, timbangan, bak pencuci sampai membuatkan gudang pendingin (cold storage). SSN bekerja dalam kemitraan dengan petani lokal dan produsen buah untuk membantu dalam pelaksanaan metode dan tehnik budidaya terbaru sehingga menjamin hasil maksimal atas produk mereka. Para petani dan pekerja perkebunan juga dididik tentang prosedur ketat SSN untuk kemasan dan penyimpanan buah. Dasar-dasar diperlukan untuk memenuhi peraturan yang ketat demi kebersihan, pemeliharaan keselamatan dan kesehatan standar internasional.

Arry Supriyanto peneliti senior Balitjestro menyambut positif tawaran kerjasama ini. Apalagi selama ini paket teknologi yang lengkap dan tersedia di Balitjestro belum bisa sepenuhnya diterapkan di masyarakat. Dengan peran swasta yang turut membina dan mengadopsi teknologi terapan unggulan Balitjestro, kami yakin Indonesia siap jadi tuan rumah buah jeruk di negeri sendiri. [z@in]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event