Sukseskan PENAS 2014 di Malang, Jawa Timur

Logo Penas 2014PENAS XIV Petani Nelayan Tahun 2014 diselenggarakan pada tanggal 07 sampai dengan 12 Juni 2014.

Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan diadakan dalam rangka membangkitkan semangat dan tanggungjawab serta kemandirian petani nelayan dan petani hutan dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. Kegiatan ini merupakan pertemuan kontak tani nelayan yang digagas oleh para tokoh tani nelayan sejak Tahun 1971. Melalui penas tersebut petani nelayan dan petani hutan berkesempatan untuk saling mengisi dalam upaya memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani nelayan.

Sementara kehadiran tokoh-tokoh petani nelayan dan petani hutan yang berhasil diharapkan dapat memberi motivasi kepada petani nelayan dan petani hutan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan sumberdaya alam pertanian yang tersedia di daerah masing-masing guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka perbaikan mutu produksi dan produktivitas komoditas pertanian dan peningkatan pendapatan yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga tani nelayan.

PENAS Petani Nelayan merupakan forum pertemuan petani nelayan dan petani hutan sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara para petani nelayan dan petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah sehingga dapat membangkitkan semangat, tanggungjawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

PENAS XIV Petani Nelayan Tahun 2014 seperti Penas-Penas sebelumnya, merupakan wahana bagi para petani nelayan dan petani hutan seluruh Indonesia untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan.

Tujuan umum dari PENAS XIV adalah meningkatkan motivasi, kegairahan dan kemandirian petani nelayan dan petani hutan maupun masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui
kemitraan yang saling menguntungkan.

Sedangkan tujuan khusus Penas XIV adalah

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan kemandirian kontaktani nelayan selaku pelaku utama sistem dan usaha agribisnis;
  2. Meningkatkan hubungan kemitraan usaha dan jaringan agribisnis antara peserta dengan para pengusaha di bidang agribisnis;
  3. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, penguasaan teknologi dan pemasaran;
  4. Meningkatkan jiwa wirausaha petani nelayan dan petani hutan dalampembangunan pertanian yang ramah lingkungan;
  5. Meningkatkan apresiasi para peserta dan masyarakat pelaku agribisnis untuk memacu prestasi dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Penas merupakan salah satu kegiatan penyuluhan yang bersifat akbar, ada kegiatan gelar teknologi yang bisa dilihat dan dipelajari. Dalam perhelatan PENAS2014 ini, panitia juga menyiapkan 41 lokasi magang pertanian dan perkebunan, 12 lokasi magang perikanan, 10 lokasi magang peternakan, 5 lokasi magang kehutanan serta 12 lokasi magang dari program Kementerian Pertanian. Balitjestro menjadi salah satu tujuan magang (studi banding) untuk komoditas jeruk dan buah subtropika.

Rendra, Bupati Kabupaten Malang memperkirakan jumlah peserta PENAS 2014 sekitar 60 ribu orang dari seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja, ke-60 ribu peserta tersebut bukan hanya sebagai peserta, tapi juga ada penyuluh, pendamping petani serta perwakilan daerah. Bahkan mahasiswa juga turut diundang untuk mengetahui perkembangan pertanian nasional dan diharapkan turut serta membangunnya.

Peserta PENAS 2014 kali ini tidak hanya dari dalam negeri tetapi ada perwakilan sejumlah petani dan nelayan dari negara sahabat di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Penas 2014 di Malang - Balitjestro

Persiapan yang dilakukan Badan Litbang Pertanian

 

sumber: Pedoman Umum Penyelenggaraan PENAS XIV Petani – Nelayan Tahun 2014

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event