Studi Lapang SMKN Plosoklaten Kediri ke Balitjestro

smkkediri

Sejumlah 156 siswa SMK Negeri 1 Plosoklaten Kediri berkunjung ke Balitjestro Kamis, 9 Oktober 2014 kemarin. Dengan didampingi enam orang guru yang dipimpin oleh Bapak Soliq A.Md., siswa diterima langsung oleh bapak Kepala Balitjestro Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP. yang dengan semangat menyampaikan profil Balitjestro. Beliau menerima dengan tangan terbuka rencana SMK Negeri 1 Plosoklaten Kediri yang akan mengirimkan siswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Balitjestro.

Kunjungan dilanjutkan dengan keliling kebun untukĀ  melihat secara langsung pertanaman Apel, Lengkeng, Anggur serta belajar perbanyakan tanaman Jeruk melalui okulasi. Anis Andrini, SP., M.Si selaku penanggung jawab plasma nutfah Anggur memandu dan menjelaskan sekilas tentang teknik berkebun Anggur, dan berakhir dengan pemberian benih Anggur yang diharapkan dapat ditanam dan dipelihara di sekolah sebagai bahan ajar siswa. Sedangkan Didiek Kristianto, SP teknisi yang sudah lama menangani Apel di KP Banaran memandu siswa menuju pertanaman Apel sekaligus menjelaskan tentang teknologi budidaya Apel secara singkat.

Teknisi di KP Tlekung juga telah menyiapkan bahan-bahan praktikum perbanyakan tanaman jeruk secara okulasi dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk praktek okulasi dengan teknik Chip Budding yang biasa digunakan dalam proses perbenihan tanaman jeruk. Siswa diperkenankan membawa pulang hasil praktikum mereka agar bisa diamati keberhasilannya. [Umi Nurul | Balitjestro]

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event