Studi Banding Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara

Dr.Ir. Joko Susilo Utomo, MP menerima kunjungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utaraf
Dr.Ir. Joko Susilo Utomo, MP menerima kunjungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara beserta 4 orang petugas teknis kebun hortikultura melakukan studi banding ke Balitjestro, Selasa 17/03/2015.

Menurut kepala dinas pertanian Ir. Abdul Mahfud, MM, kunjungan ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang perbenihan maupun budidaya jeruk yang bebas penyakit bagi petugas teknis atau lapang. Hal ini untuk mendukung adanya kegiatan pembangunan BPMT jeruk dan penyediaan benih jeruk siam dan keprok oleh Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara pada tahun 2015 ini. Untuk itu petugas teknis yang berada di lapang perlu diberikan materi tentang perbenihan yang benar sehingga program dari dinas dapat berhasil.

Kunjungan ini diterima oleh kepala Balitjestro Dr.Ir. Joko Susilo Utomo, MP. Dalam kesempatan tersebut beliau menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan materi yang disampaikan dapat diaplikasikan oleh petugas di sana. Selain itu disampakan tentang inovasi teknologi jeruk yang telah dihasilkan untuk mendukung pengembangan kawasan jeruk diseluruh Indonesia. Balitbangtan melalui Balitjestro telah menghasilkan BF dan BPMT yang telah didistribusikan ke berbagai daerah di 28 Propinsi. Dengan adanya sebaran BF dan BPMT ini dapat menghasilkan benih unggul berkualitas dan bebas penyakit serta berlabel.

Kemudian petugas juga diberi materi perbenihan dan budidaya jeruk bebas penyakit oleh Hadi Mulyanto, SP. Dalam materi ini disampaikan bagaimana proses menghasilkan benih jeruk yang sesuai dengan alur perbenihan yang benar sehingga benih yang dihasilkan berkualitas. Dalam materi budidaya juga disampaikan tentang bagaimana memelihara tanaman dalam kebun agar tetap sehat dan berproduksi tinggi sesuai dengan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS). [fajar/balitjestro]

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event