Studi Banding Mahasiswa Pertanian UPN Veteran Yogyakarta

20140618_143048Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menjadi tujuan tahunan bagi Mahasiswa Pertanian UPN Veteran Yogyakarta jurusan Agribisnis dan Agroteknologi. Kali ini, pada Rabu, (18/06/2014) sebanyak 5 bus yang terdiri dari 208 mahasiswa, 14 dosen dan pendamping mendatangi Balitjestro dengan maksud untuk mengenalkan budidaya jeruk dan buah subtropika. Rombongan ini dipimpin oleh Ir. Lagiman, M.Si dan termasuk rombongan yang terbanyak. Selama ini rombongan UPN “Veteran” Yogyakarta berkisar puluhan sampai 100-an orang.

 

Dosen dan pendamping yang turut hadir dalam studi banding kali ini adalah; 1). Partoyo, SP., MP, Ph.D (Dekan Fak Pertanian UPN), 2). Ir. Lanjar Sudarto, MT (Ketua Panitia Agrowidyawisata). Pembimbing Lapangan: 1). Dr. Ir. Abdul Rizal AZ, MP, 2). Ir. Budi Widayanto, M.Si, 3). Ir. Lagiman, M.Si, 4). Agus Santosa, SP., M.Si, 5). Dr. Oktavia S Padimini, M.Si, 6). Ir. Alif Waluyo, MP, 7). Ir. Darban Haryanto, MP, 8). Ir. Suwardi, MP, 9). Ir. Rina Sri Lestari, MP, 10). Endah Budi Irawati, SP., MP, 11). Endah Wahyurini, SP., MP, 12). Vini Arumsari, SP., MP.

 

Mahasiswa semester 6 ini tidak lama lagi akan mengambil tugas akhir. Dalam sambutannya, Ir. Lagiman berharap pengenalan di Balitjestro akan membuka banyak ide untuk tugas akhir. Bahkan jika memungkinkan melakukan penelitian di Balitjestro.

Ir. Lagiman memberikan cinderamata yang diterima oleh Kepala Balitjestro Dr.  Ir. Joko Susilo Utomo, MP (kiri). Hadi Mulyanto menjelaskan seluk beluk jeruk di kebun Percobaan Tlekung (kanan).

 

Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP. menerima dengan baik kunjungan ini dan memberikan gambaran mengenai penelitian yang berlangsung di tahun 2014 ini, diantaranya; perbaikan mutu buah jeruk, dampak perubahan iklim, plasmanutfah, jeruk seedless, perbanyakan benih jeruk melalui teknologi somatik embriogenesis (SE), CVPD (HLB) kitt, kawalan teknologi di kawasan hortikultura dan diseminasi.

Tak lupa diperkenalkan pula berbagai sarana interaktif untuk berkomunikasi dan konsultasi melalui website,FACEBOOK, twitter, instagram, dan google plus. Berbagai sarana tadi merupakan upaya Balitjestro untuk merespon lebih cepat permasalahan yang ada di lapang dan memberikan informasi terbaru mengenai kegiatan di Balitjestro.

 

Adzan Asar berkumandang, dan pengarahan yang dilakukan di depan aula Balitjestro (karena keterbatasan aula yang hanya dapat menampung 50-an peserta) berhenti sejenak. Beberapa instruktur lapangan ijin menunaikan sholat. Setelah itu, rombongan dibagi dalam 3 group besar yaitu kelompok jeruk yang dipimpin oleh Hadi Mulyanto, kelompok anggur oleh Hasim Ashari dan kelompok Lengkeng oleh Buyung Al Fanshuri. Beberapa mahasiswa dengan jumlah sangat terbatas diberi kesempatan mengunjungi laboratorium kultur jaringan dan SE.

Hasim Ashari menjelaskan tanaman anggur (kiri) dan Buyung Al Fanshuri menjelaskan tanaman lengkeng (kanan)

 

Informasi mengenai sejarah, perkembangan dan teknik budidaya jeruk, anggur dan lengkeng diberikan masing-masing instruktur di lokasi kebun. Dan tidak sedikit pertanyaan yang muncul selama kunjungan ke lapang ini. Tidak terasa hampir 2 jam kunjungan di kebun berlangsung dan menjelang pukul 17.00 acara kunjungan kebun berakhir. [zh/balitjestro]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event