Stroberi di Kebun OPAL

Tanaman stroberi di lahan OPAL, Foto : Buyung Al Fanshuri

Program pengelolaan lahan pekarangan di gencarkan pemerintah melalui program OPAL (Obor Pangan Lestari).

Program ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia (Permentan) nomor 10 tahun 2019 tentang OPAL.

Sesuai dengan aturan tersebut maka  Balitjestro yang merupakan salah satu UPT lingkup Kementrian Pertanian dibawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) Balitbangtan diwajibkan untuk membuat program tersebut.

Salah satu display teknologi yang didiseminasikan kepada pengunjung di lahan OPAL adalah budidaya stroberi. Komponen budidaya stroberry yang diaplikasikan di lahan OPAL adalah 

Calon varietas unggul baru yang merupakan hasil persilangan dari pemulia Balitjestro
1. Media tanam soiless (tanpa tanah) menggunakan sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 4 : 1
2. Irigasi mikro bawah permukaan tanah
3. Pemupukan berimbang antara pupuk anorganik dengan organik. Pupuk anorganik yang digunakan adalah pupuk hidroponik dengan EC (electro cinductivity) 2.5 dan ekstrak Tithonia diversifolia (paitan) sebagai pupuk organik. Kedua pupuk tersebut diberikan dalam bentuk larutan (cair) dan diaplikasikan seminggu dua kali.

4. Pestisida ramah lingkungan dengan menggunakan kimia dan nabati secara bergantian tergantung hasil monitoring hama dan penyakit. Pestisida nabati yang digunakan adalah ekstrak Tithonia diversifolia (paitan).


Tanaman stroberry mulai berbunga setelah kurang lebih 35 hari setelah tanam, namun apabila jumlah daunnya  kurang dari 6 helai per tanaman maka bunga yang muncul lebih baik dihilangkan.

Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan fotosinthesis yang terjadi di daun sehingga produksi yang dihasilkan akan maksimal. Buah dapat dipetik apabila sudah berwarna merah.

Panen pertama kali di lokasi ini rata-rata berat buahnya 9,18 gram dengan minimal berat  5,8 gram dan maksimal 18,68 gram. (buyung/balitjestro) 

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah