Stafsus Menteri Pertanian Kunjungi Balitjestro

Staf khusus Menteri Pertanian Dr.Ir Sam Herodian, MS  mengadakan kunjungan lapang di Balitjestro, Selasa 24/10/2017.

Kegiatan ini diawali dengan melihat laboratorium terpadu Balitjestro dengan didampingi oleh Kasubag Tata Usaha Ir. Wisnu Unjoyo. Selanjutnya disini disampaikan kegiatan yang dikerjakan dalam lab terutama kultur jaringan oleh Dr. Dita Agisimanto peneliti Balitjestro. Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Kebun Percobaan (KP) Tlekung yang sedang mengerjakan perbenihan apel sesuai dengan program Kementerian Pertanian.

Kemudian kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi KP Punten dan Banaran. Di KP Punten dapat dilihat proses perbenihan jeruk bebas penyakit. Disamping itu berbagai koleksi Sumber Daya Genetik Jeruk ada disini. KP ini merupakan sentra perbenihan jeruk nasional yang menghasilkan benih sumber  yang sudah tersebar hampir di seluruh Propinsi di Indonesia.

Kunjungan dilanjutkan di KP Banaran untuk melihat budidaya jeruk bebas penyakit. Di kebun ini diterapkan teknologi pembuahan berjenjang sepanjang tahun yang dikenal dengan “bujangseta”. Bujangseta ini merupakan penggabungan dari manajemen kanopi, nutrisi, dan pengendalian hama penyakit untuk menjaga kualitas buah tetap bagus dan harga tetap terjaga karena panennya dapat diatur di sepanjang tahun. (fjr)