Sosialisasi Peneliti Online

PenelitiOnline

Pasca diberlakukan penggunaan aplikasi data peneliti secara on line sejak 1 Juni 2014, peneliti wajib mengisi aplikasi online via website LIPI untuk pengajuan daftar usul penetapan angka kredit, Pemberlakuan aplikasi baru ini belum banyak diketahui peneliti bagaimana prosedur dan cara pengoperasiannya, karenanya perlu segera disosialisasikan.

Peneliti dapat mengakses aplikasi ini melalui http://peneliti.lipi.go.id/. Aplikasi ini mencakup semua aspek terkait fungsional peneliti : registrasi awal, pengisian data diri, pendidikan & pelatihan (registrasi, nilai, absensi, karya tulis ilmiah), angka kredit peneliti (pengajuan, pemasukan berkas, penilaian) serta komunikasi terkait dalam bentuk forum dan pesan internal.

Untuk itulah Balitjestro menyelenggarakan sosialisasi peneliti on line, Senin (20/10), bertempat di Aula Balitjestro. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap peneliti dan dipandu oleh Dr. Ir. Anang Triwiratno, MP, sebagai peneliti senior di Balitjestro bersama Dyah Sulistyo Rachmawati yang telah mendapat sosialisasi sebelumnya di Puslit Hortikultura. Dalam penjelasannya, beliau menyampaikan manfaat dari peneliti online, diantaranya yaitu data peneliti yang selalu up date, dapat diakses publik, juga berkurangnya tingkat plagiasi terhadap KTI.

WebsitePenelitiOnlineLIPI
Gambar: Screenshoot tampilan aplikasi peneliti online ketika sudah log in

Dalam sosialisasi ini, dipraktekan pula cara penggunaan aplikasi pengisian DUPAK dan sharing pengalaman peneliti yang berpengalaman dalam mengajukan DUPAK versi on line. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab dan perlu komunikasi lebih lanjut mengingat form isian manual belum semuanya diakomodir di aplikasi online sehingga beberapa kegiatan belum bisa dinilaikan. Perbaikan harus terus dilakukan, meskipun begitu terobosan dari LIPI ini perlu didukung penuh karena aplikasi ini lebih baik, mempermudah dan membuat peneliti tahu sejauh mana proses penilaian yang dilakukan dengan transparan. [Dyah | Balitjestro]

Download PDF tentang Peraturan Kepala LIPI tentang Juknis Jabatan Fungsional Peneliti disini

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event