Sosialisasi : e-Filing Mudahkan PNS Lapor Pajak

DSCN9749Pada Kamis, 27 Maret 2014, Kantor Pajak Pratama Batu mengadakan sosialisasi sekaligus pengisian bersama “e-filling”kepada seluruh PNS Balitjestro di Aula Balitjestro. Pada sambutannya, Ir. Arry Supriyanto, MS selaku Plh Kepala Balai menekankan agar dengan sosialisasi ini, PNS akan mengerti dan ke depan akan lebih mandiri untuk melakukan pengisian online. Kemandirian masing-masing PNS akan mempermudah kepegawaian dan PNS itu sendiri. Dengan penerapan E Filling ini, semua data mudah ditelusuri, bahkan update data dapat dilakukan sewaktu-waktu tanpa memperhitungkan jam kerja. Akses yang fleksibel dan mudah ini membuat masyarakat dan PNS (khususnya) dapat segera mengerjakan aktivitas dan tugas lainnya tanpa mengantri dan membuang banyak waktu.

Kepala KPP Pratama Batu, Lidia Kuntjahjaningtyas dalam sambutannya mengapresiasi undangan dari Balitjestro untuk melakukan sosialisasi ini. Keuangan Balitjestro, Noto dan Mufid senantiasa berkoordinasi dan secara aktif meminta penjelasan. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan agar pengisian bisa dilakukan tidak mendekati deadline yang jatuh pada akhir Maret setiap tahunnya. Tim sosialisasi sejak Januari – Maret 2014 ini terus berkeliling untuk mengajak masyarakat melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) WP Orang Pribadi.

Secara ringkas e-Filing melalui situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP), yang beralamatkan di www.pajak.go.id, adalah sistem pelaporan SPT menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun, yang dibuat oleh DJP untuk memberikan kemudahan bagi WP dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada DJP secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah. Dengan e-Filing, WP tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di lokasi maupun Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Terobosan baru untuk pelaporan SPT yang digulirkan DJP ini untuk membuat wajib pajak semakin mudah dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Ir. Arry Supriyanto, MS selaku Plh Kepala Balai dan Kepala KPP Pratama Batu, Lidia Kuntjahjaningtyas memberikan sambutan dan arahan mengenai e-filling
Acara sosialisasi ini mendatangkan tim sosialiasi pajak dari KPP Pratama Batu sejumlah 8 orang yang langsung berbaur dengan peserta dan memberi penjelasan secara langsung. Beberapa kesulitan yang ada langsung diberi solusi. Dan tidak perlu waktu lama sekitar 10 menit konfirmasi bukti penerimaan elektronik via email sudah diterima. Rata-rata peserta merasa mudah dalam pengoperasiannya. Informasi yang perlu lebih diberikan adalah jenis formulir yang harus diisikan, apakah SPT 1770 S atau SPT 1770 SS. Selanjutnya semua tinggal mengikuti prosedur. [zh]

Rudi dan Buyung langsung mencoba E Filling dan memperoleh konfirmasi penerimaan secara elektronik

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event