Sosialiasasi Klinik Bujangseta

Untuk mendiseminasikan dan memudahkan petani jeruk untuk menerapkan teknologi Pembuahan Jeruk Berjenjang Sepanjang Tahun (Bujangseta) di era industri 4.0 ini, maka Balitjestro mengadakan sosialisasi aplikasi klinik bujangseta berbasis android kepada para petani jeruk, terutama mereka yang sudah menerapkan budidaya jeruk dengan teknologi bujangseta di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (06/11).

Dalam kegiatan ini disampaikan cara penggunaan klinik bujangseta oleh Saiful Iskandar, S.Kom yang merancang fitur ini.

Aplikasi klinik bujangseta sendiri sudah dapat di unduh di Google Playstore. Ada empat fitur didalam aplikasi ini yaitu jenjang buah, artikel, konsultasi via email, dan youtube video tentang teknologi bujangseta.

Pada kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi terkait kredit keuangan untuk pertanian dengan narasumber Triono Adi Wibowo sebagai Mantri BRI unit Gambiran, Banyuwangi.

Disampaikan bahwa kredit untuk masyarakat ada 2 yaitu KUPEDES : Kredit Umum Pedesaan dengan batasan maksimal pinjaman sampai 250 juta dengan bunga antara 0.9-1.2%/bulan dijamin asuransi, serta KUR : Kredit Usaha Rayat dengan maksimal pinjaman 25 juta dengan bunga 0.4%/bulan tanpa asuransi. Dengan informasi ini memberikan wawasan bagi petani terhadap akses modal usahatani, syarat-syarat dan cara pengajuannya.

Di akhir kegiatan, dilakukan survei evaluasi adopsi teknologi bujangseta yang telah dilakukan oleh petani jeruk selama ini, yaitu dengan cara mengisi kuisioner yang telah disiapkan. Informasi yang dihimpun akan sangat membantu bagi pengembangan dan diseminasi teknologi bujangseta selanjutnya. (agus s/balitjestro)

 

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah