SoE86 Agrihorti, seedless dengan warna oranye

Keprok SoE merupakan salah jenis varietas unggul jeruk nasional yang memiliki tampilan warna menarik yaitu oranye. Buah ini  memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa asam segar.

Melihat keunggulan dari jeruk ini tim pemulia Balitjestro, Balitbangtan melakukan penelitian untuk menghasilkan Varietas Unggul Baru (VUB) Keprok SoE  yang berbiji sedikit dengan  mutasi  sinar gamma.

Hasilnya, tahun 2017 berdasarkan SK Menteri Pertanian No 124/Kpts/SR.120/D.2.7/12/2017 telah diberikan tanda daftar varietas  dengan nama SoE86 Agrihorti.

Keprok SoE86 Agrihorti  memiliki keunggulan utama yaitu berbiji sedikit atau seedless. Selain itu  warnanya yang oranye dengan rasa manis dengan sedikit asam segar.  Jeruk ini memiliki tingkat kemanisan 9,3 – 10°brix dengan kandungan vitamin C 39,6 – 48 mg/100gr. Ukuran buahnya 85 – 142 gr/buah.  Jeruk ini cocok ditanam di dataran tinggi .

Dengan adanya VUB ini diharapkan mampu menambah kekayaan SDG jeruk di Indonesia dan bermanfaat dalam pengembangan agribisnis jeruk. Bertambahnya varietas baru akan menambah pilihan dalam membudidayakan jeruk sehingga mampu bersaing dengan jeruk impor. (fjr)