Sinergi PUI Jeruk dengan PUI Jati dalam Pemanfaatan Lahan Pola Agroforestry

Balitjestro sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Jeruk melakukan sinergi dengan beberapa lembaga PUI lainnya, salah satunya adalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhutani (Puslitbang Perhutani) yang dikenal dengan nama PUI Jati. Sinergi ini diwujudkan dalam bentuk Pelatihan Teknologi Budidaya Tanaman Jeruk dimana Balitjestro berperan serta dalam Penyelenggaraan Pelatihan dan Penyediaan Narasumber sedangkan Puslitbang Perhutani menyediakan SDM sebagai peserta pelatihan tersebut.

Pelatihan Teknologi Budidaya Tanaman Jeruk ini diadakan di Aula Malus, Balitjestro selama 3 hari pada hari Selasa-Kamis, 16-18 Oktober 2018. Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan oleh Ketua Tim PUI Balitjestro, Mutia Erti Dwiastuti mewakili Kepala Balitjestro. Pelatihan ini dihadiri oleh 5 orang peserta dari Puslitbang Perhutani. Pada tanggal 17 Oktober 2018 dilaksanakan penandatangan MOU atau perjanjian kerjasama antara PUI Jeruk dan PUI Jati oleh Kapuslitbang Perhutani dan Kabalitjestro.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil dalam budidaya tanaman jeruk untuk mendukung kerjasama sinergi PUI dalam program Pemanfaatan lahan pola Agroforestry tumpangsari antara tegakan jati dan jeruk untuk peningkatan produktivitas lahan.

Sebagai Narasumber dalam pelatihan ini antara lain Agus Sugiyatno dengan materi Inovasi Teknologi Budidaya Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika; Arry Supriyanto dengan materi Teknologi Produksi Benih Bermutu Premium; Setiono dengan materi Teknologi Budidaya Tanaman Jeruk, dan Mutia Erti Dwiastuti dengan materi Pengenalan dan Pengendalian OPT Jeruk.

Materi pelatihan ini disampaikan dalam bentuk presentasi, diskusi, dan praktikum. Praktikum dilaksanakan di Kebun Perbenihan Punten dan Kebun Tlekung Balitjestro. Acara ini diakhiri dengan penutupan oleh Kasubag TU, Wisnu Unjoyo, serta dilanjutkan serah terima sertifikat oleh perwakilan narasumber kepada perwakilan peserta. (Trifena)