Sinergi Balitjestro dengan Pusat Penelitian Biologi, LIPI

 

Balitjestro sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Jeruk melakukan sinergi dengan Pusat Penelitian (PP) Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) khususnya dengan InaCC (Indonesian Culture Collection) sebagai PUI Sumberdaya Mikroorganisme Nasional. Sinergi ini diwujudkan dalam bentuk Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Hayati (POH) untuk Tanaman Jeruk. PP Biologi berperan serta dalam penyediaan Narasumber sedangkan Balitjestro berperan serta dalam penyelenggaraan pelatihan baik penyediaan sarana prasarana kegiatan pelatihan maupun peserta pelatihan.

Pelatihan Pembuatan POH ini diadakan di Aula Malus, Balitjestro pada hari Selasa, 28 Agustus 2018. Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan oleh PLH Kepala Balitjestro, Wisnu Unjoyo, dan sambutan dari Atit Kanti, Kepala Bidang Mikrobiologi, PP Biologi. Pelatihan ini dihadiri oleh 20 orang yang terdiri dari 16 orang peserta peneliti Balitjestro dan 4 orang Narasumber dari PP Biologi.

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil pembuatan POH untuk tanaman jeruk. Selain itu juga merupakan inisiasi penjajakan kerjasama dalam lingkup preservasi mikroba di LIPI, aplikasi produk POH PP Biologi dengan produk Balitjestro, serta aplikasi sinergi biokontrol dengan produk.

Sebagai Narasumber dalam pelatihan ini antara lain Atit Kanti, I Made Sudiana, Sri Widawati, dan Suliasih dari Bidang Mikrobiologi, PP Biologi, LIPI. Atit Kanti menyampaikan tentang Peran Penting InaCC, I Made Sudiana menyampaikan tentang Peran Mikroorganisme dalam Produktivitas Buah, Sri Widawati menyampaikan tentang Pupuk dengan Bahan Dasar Mikroba (Biofertilizer), dan Suliasih menyampaikan tentang Pembuatan dan Aplikasi Inokulan. Setelah presentasi dilanjutkan diskusi, demo pembuatan POH, dan peninjauan lapang tanaman jeruk.

Acara ini diakhiri dengan penutupan oleh Ketua Tim PUI, Mutia Erti Dwiastuti, serta dilanjutkan serah terima Perjanjian Kerjasama (PKS) dan pembagian sertifikat oleh narasumber kepada perwakilan peserta. (Trifena)

Agenda

no event