Silaturrahim Pengurus Dharma Wanita Persatuan Balitbangtan

[cml_media_alt id='1934']Silaturrahim Pengurus DWP Balitbangtan[/cml_media_alt]Pada hari Jum’at tanggal 3 Juni 2011 sebanyak ± 50 ibu – ibu Pengurus Dharma Wanita Persatuan lingkup Badan Litbang Pertanian mengadakan silaturahmi dengan pengurus dan anggota unit dharma wanita persatuan wilayah Jawa Timur.  Kegiatan ini dilaksanakan di aula Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika atas kerja sama pengurus dharma wanita lingkup Badan Litbang Pertanian di Jawa Timur yang terdiri dari Balitjestro, Balittas, BPTP Jawa Timur, Balitkabi dan Lolit Sapi Potong Grati. Selain sebagai ajang silaturahmi, juga dakukan sosialisasi program yang dilaksanakan di unit dharma wanita persatuan lingkup Badan Litbang Pertanian.

Dalam kesempatan ini juga disosialisasikan tentang Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga , mengembangkan ekonomi produktif, menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat. Dalam rumah pangan, pekarangan dimanfaatkan secara optimal untuk budidaya tanaman pangan, buah dan sayuran serta tanaman obat keluarga (toga). Selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk pemeliharaan ternak dan ikan serta pengolahan limbah rumah tangga menjadi kompos. Ternak yang dikembangkan dalam sebuah rumah bisa berupa ayam, kambing serta perikanan lele.

Untuk lebih meningkatkan keakraban semangat bagi ibu – ibu dharma wanita dilakukan wisata petik jeruk di visitor plot dimana tempat ini sebagai salah satu kebun percontohan dalam mengelola kebun jeruk sehat. Acara berjalan sangat meriah sehingga terpancar rasa bahagia dan puas  di wajah masing – masing peserta. Hal ini dibuktikan ketika petugas Jaslit melakukan wawancara dengan  ibu Tuti Haryono sebagai ketua dharma wanita persatuan Badan Litbang Pertanian, beliau menyatakan sangat bangga ternyata ada suatu kebun percontohan di lingkungan Badan Litbang dengan penampilan dan rasa buah jeruk yang tidak kalah dengan produk impor. Diharapkan bagi ibu-ibu pejabat yang hadir di Balitjestro bisa mempromosikan buah-buah nusantara di masing-masing instansi dengan menghadirkan produk tersebut dalam acara rapat pimpinan maupun di konsumsi rumah tangga.

[cml_media_alt id='1933']Silaturrahim Pengurus Dharma Wanita Balitbangtan[/cml_media_alt]

[cml_media_alt id='1932']Silaturrahim Pengurus Dharma Wanita Balitbangtan 2011[/cml_media_alt]

Tinggalkan Balasan