Serunya Kulwap Tabulampot Jeruk

 

 

Meski banyak yang melaksanakan  Work From Home (WFH), tidak menghentikan kreatifitas untuk mendiseminasikan inovasi teknologi Balitbangtan. Sebagai awal dari rangkaian BITE 2020, Balitjestro Puslitbanghorti, Balitbangtan menyelenggarakan Kuliah Whatsapp (Kulwap) Tabulampot yang diselenggarakan pada 1 April 2020.

Acara yg dilaksanakan secara online ini diikuti oleh 500 peserta yang terbagi dalam 2 groups Whatsapp. Sebagai narasumber yaitu Kusnan, Kepala IP2TP Punten. Kulwap dilakukan selama 2 jam dengan materi video, text dan masteri dalam bentuk .pdf kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab.

Antusias peserta tampak dengan banyaknya pertanyaan yang muncul, terutama teknis tabulampot dan pemeliharaannya. Pemateri menjawab satu persatu pertanyaan yang ada, namun untuk pertanyaan yang sama, admin menyaringnya terlebih dahulu. Di akhir acara peserta diberikan link Google Survei untuk evaluasi.

Dari 212 respon yang masuk ke panitia, 84% mengaku baru pertama kali mengikuti Kulwap. Sebanyak 93% puas dengan penyelenggaraan Kulwap kali ini dan berminat untuk menanam tabulampot, baik jeruk maupun buah lainnya.

“Penjelasan sangat-sangat jelas, sebaiknya dijelaskan dalam bentuk vidio agar yang melihat ataupun yang mendengarkan materi kulwap lebih tertarik,” ujar salah satu peserta. “Materinya bagus, apalagi jika ditambahkan infografis atau gambar yang mendukung cara teknis mulai dari pembuatan media sampai dengan perawatan hingga panen,” ujar peserta lainnya.

Masukan dari peserta lainnya yaitu memperbanyak video dalam durasi pendek agar tahapan tabulampot dapat dipahami lebih jelas. Dan 70% dari peserta menghendaki agar konsep Kulwap bisa dikombinasikan dengan video conferensi (vidcon) langsung melalui Zoom maupun Youtube live.

Ke depan, konsep diseminasi melalui Kulwap maupun Vidcon dapat menjadi alternatif sehingga lebih dapat menjangkau semua lapisan, apalagi penetrasi penggunaan internet masyarakat Indonesia semakin meningkat. (UTIK_Balitjestro)

 

Agenda

no event