Seminar Hasil Penelitian Balitjestro tahun 2012

seminar1Seminar yang telah dilaksanakan di Balitjestro tanggal 6-8 Nopember 2013 ini diselenggarakan dengan tujuan mensosialisasikan hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika tahun 2012 dan menghimpun tanggapan serta umpan balik atas teknologi hasil-hasil penelitian tanaman jeruk dan buah subtropika, sehingga dapat dicapai keluaran  tersosialisasinya hasil penelitian Balitjestro tahun 2012 serta terhimpunannya tanggapan dan umpan balik.
Seminar dibuka oleh Kepala Balitjestro Dr Ir. Joko Susilo Utomo, MP yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa seminar hasil penelitian setiap tahun tidak hanya sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagai peneliti dan komunikasi dengan stake holder, tetapi diharapkan bahwa stake holder dapat mengisi bagian-bagian lain yang selama ini belum dikerjakan oleh Balitjestro.

seminar2

Dalam seminar  tahunan ini  telah dipresentasikan  makalah hasil penelitian dari 23 ROPP yang terhimpun dalam 7 RPTP dan 3 RDHP. Selain itu dihadirkan  4 keynote speech dari institusi Puslitbanghorti, Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur, BPTP Jatim, dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Seminar ini dihadiri 58 peneliti dan teknisi termasuk peserta dari Diperta Kota Batu, Diperta Kabupaten Malang, UPTPSB TPH Provinsi Jawa Timur, dan dosen Universitas Muhammadiyah Malang.Pelaksanaan Seminar menghasilkan 5 Rumusan sebagai berikut :

  1. Bidang penelitian berjalan sangat cepat, akan tetapi pengembangan sangat lambat atau bahkan tidak ada sama sekali. Perlu diciptakan suatu kondisi keseimbangan antara penelitian dan pengembangannya.
  2. Diskusi yang berlangsung selama seminar, menghasilkan saran, masukan, dan koreksi yang konstruktif sehingga perlu dipakai sebagai bahan untuk menyempurnakan pelaksanaan penelitian 2013 dan 2014.
  3. Makalah hasil penelitian yang telah diperbaiki perlu disiapkan untuk bisa menjadi Karya Tulis Ilmiah, dan materi diseminasi sehingga bisa dimanfaatkan oleh stake holder.
  4. Kebun Percobaan lingkup Balitjestro telah melaksanakan kegiatan sesuai tupoksinya, walaupun demikian meningkatnya tuntutan kebun untuk memiliki performa yang high profil (tampil prima), maka pengelolaan Kebun Percobaan di masa mendatang harus melakukan revitalisasi dalam penguatan diberbagai aspek : Pengelolaan efisiensi dan efektifitas pemanfaatan lahan, Pengelolaan PNBP, revitalisasi mandat kebun, dan peningkatan profesionalisme. 
  5. Hasil penelitian merupakan informasi strategis yang bisa digunakan sebagai dasar pelaksaan penelitian selanjutnya dan bahan materi diseminasi. Oleh karena itu, agar hasil penelitian dapat dimanfaatkan dan seminar lebih efektif, maka pelaksanaan seminar tahunan selanjutnya harus dilaksanakan di awal tahun.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event