Sekolah Lapang PTKJS di Lingkar Tambang PT Berau Coal

[cml_media_alt id='2300']OLYMPUS DIGITAL CAMERA[/cml_media_alt]

Jeruk sebagai salah satu komoditas hortikultura akan dikembangkan di lingkar tambang PT Berau Coal . Dengan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan kelompok tani yang ada, pengembangan agribisnis jeruk akan segera dilakukan. Lahan disekitar tambang dapat dimaksimalkan untuk budidaya jeruk dan  dengan pengelolaan yang tepat  jeruk dapat memberikan keuntungan yang cukup besar  sekaligus meningkatkan ekonomi petani.

Dalam rangka pengembangan jeruk tersebut  Badan Litbang Pertanian melalui tim peneliti dan teknisi Balitjestro di undang sebagai nara sumber pelaksanaan kegiatan Sekolah Lapang Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (SL PTKS) pengembangan  agribisnis jeruk di lingkar tambang PT. Berau Coal terutama dalam usaha budidaya jeruk khususnya varietas borneo prima. Selama pelaksanaan SL PTKJS disana telah diperoleh beberapa data sekunder yang akan digunakan penyusunan renstra Pengembangan Agribisnis Jeruk di Lingkar Tambang PT. Berau Coal di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Sekolah Lapang Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (SL PTKJS) merupakan kegiatan sekolah lapang I dari 12 (dua belas) kali pertemuan yang diprogramkan. SL diselenggarakan di 2 (dua) kampung yaitu tanggal 16 Januari 2013 di Kampung Birang, Kecamatan Gunung Tabur dan tanggal 17 Januari 2013 di Kampung Rantau Panjang, Kecamatan Sambaliung. Pelaksanaan SL diberikan pengantar dalam ruangan pertemuan/ balai kampung kemudian dilanjutkan di lapang. Materi SL terdiri dari: 1).Persiapan Tanam, Memilih Benih dan Tanam Benih Jeruk yang disampaikan oleh Setiono, 2). Pengenalan Pestisida dan Cara Penggunaan yang Tepat  yang disampaikan oleh Ir.Otto Endarto, M.Si,  serta 3). Pengenalan Berbagai Jenis Pupuk dan Cara Penggunaan yang Tepat yang disampaikan oleh Ir. Sutopo,M.Si.

SL di Kampung Birang  dihadiri oleh Kelompok Tani Mawar Bersatu yang beranggotakan 25 orang, 2 orang BPP, 2 orang perangkat  kampung, 5 siswa Prakerin SMKN 2 Berau serta 5 orang  satff Comdev PT. Berau Coal.  SL di Kampung  Rantau Panjang dihadiri oleh anggota Kelompok Tani Sehati I, Sehati II dan  Tunas Mekar yang beranggotakan 36 orang,  5 orang siswa Prakerin SMKN2 Berau dan 5 orang staff  Comdev. PT. Berau Coal.

Program SL PTKJS  diharapkan dapat berkelanjutan sesuai jadwal yang telah disepakati yaitu diselenggarakan setiap bulan dengan materi yang diberikan diprioritaskan sesuai dengan kondisi yang terjadi saat pelaksanaan SL. Dengan metode seperti ini diharapakan petani dapat mengaplikasikan ilmu dari SL PTKJS ini sehingga akan memberikan hasil yang maksimal dalam pengembangan jeruk. (Setiono, SP/Fajar)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event