Sari Agrihorti dan Manfaatnya

Jeruk Sari Agrihorti . Foto : Aminuddin Fajar

Badan Litbang Pertanian (balitbangtan) dalam beberapa tahun terakhir telah merilis 6 varietas baru jeruk fungsional diantaranya Nimas Agrihorti, Puri Agrihorti , Sari Agrihorti Montaji Agrihorti, Nipis Borneo dan  Kalamansi FR.

Jeruk fungsional secara umum mempunyai keberagaman baik bentuk, rasa maupun kandungan air, vitamin C serta kemanfaatannya.

Diantara jeruk fungsional tersebut, Sari Agrihorti sudah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk masakan yang dikenal dengan jeruk sambal. Hal ini dikarenakan jeruk ini sebagai bahan untuk menambah rasa dalam membuat sambal.

Buah yang terdaftar berdasarkan SK Nomor: 150/Kpts/SR.120/D.2.7/10/2015 ini mempunyai penciri utama ukuran buah kecil dan bentuk buah gepeng dengan keunggulan produksi buah tinggi.

Sari agrihorti berbuah sepanjang tahun dan daya simpan lama dengan warna daging buah kekuningan. Buah ini memiliki kandungan air 90 -91% ; kandungan jus 55 -59 %, kadar gula 9 -110 brix dan kadar asam 2,17% dankandungan vitamin C 26,5 mg/100 g.

Selain sebagai bahan masakan jeruk ini juga bermanfaat untuk kesehatan dengan kandungan Vit C yang meningkatkan imunitas sebagai pencegahan dari radikal bebas penyebab penyakit.

Saat ini jeruk fungsional/biofarmaka  telah dimanfaatkan pula sebagai bahan baku industri khususnya yang terkait farmaka. Kandungan vitamin dan antioksidan dapat memberikan perlindungan dari molekul radikal bebas penyebab berbagai penyakit ‘berbahaya’ seperti kanker, hipertensi, serangan jantung dan diabetes. (aminuddin fajar/balitjestro)

Agenda

no event