Sabalaka Topo, Potensi Terpendam dari Tidore

Jeruk Keprok Sabalaka Topo

Wilayah Kepulauan Tidore provinsi Maluku Utara ternyata tersimpan potensi jeruk yang selama ini masih belum banyak dikenal.

Sabalaka Topo itulah nama jeruk  yang telah didaftarkan varietasnya. Jeruk yang terdapat di kelurahan Topo ini termasuk jenis keprok.  Buah ini memiliki bobot 200-250 gr/buah. Jeruk ini memiliki rasa yang manis dengan kulit buah tebal dan warna daging buah kemerahan apabila sudah masak. Produktivitas jeruk ini mencapai 50 kg/pohon dalam masa panen.

Jeruk ini oleh masyarakat sekitar dikenal dengan topo hitam. Sabalaka Topo harus dijaga kelestariannya agar tetap berkembang dan berproduksi. Selama ini tanaman jeruk masih ditanam didalam pekarangan belum dikembangkan secara luas.  Apabila berkembang dengan baik jeruk ini dapat menjadi ikon buah dari Kepulauan Tidore.

Untuk menjaga kelestarian dan produksinya dukungan dari pihak terkait sangat diperlukan terutama teknologi budidayanya. Dengan adanya potensi dari jeruk ini ke depan dapat lebih dikembangkan lebih luas lagi. (fjr)