Rosichon Ubaidillah: Jika Kita Mampu, Kenapa Harus Impor?

Prof Subiyakto (Balittas) Dr. Rosichon Ubaidillah (LIPI)
Prof Subiyakto (Balittas) dan Dr. Rosichon Ubaidillah (LIPI)

Peneliti dan pemerhati bidang taksonomi serangga khususnya parasitoid di Indonesia, pasti kenal dengan Dr. Rosichon Ubaidillah. Ya, beliau adalah peneliti LIPI, ahli taksonomi serangga kaliber dunia yang dimiliki oleh Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Rosichon Ubaidillah berkesempatan berkunjung ke Balitjestro untuk sharing mengenai serangga utama pada jeruk dengan peneliti Balitjestro ditemani oleh Prof Subiyakto dari Balittas (Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat).

Hadir berdiskusi dengan beliau di Kebun Percobaan Tlekung yaitu ketua Kelti Entomologi Balitjestro yaitu Otto Endarto beserta tim yaitu Susi Wuryantini dan Rudi Cahyo.

Melihat lebatnya buah jeruk di Balitjestro, beliau sangat senang dan bangga indonesia punya verietas jeruk yg bagus-bagus dan warnanya tidak kalah dengan jeruk luar negeri. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, jika kita mampu, kenapa harus impor? Siapa yang bertanggungjawab untuk mengembangkannya?

Perkebunan Jeruk Balitjestro (3)Menurut beliau kalau hanya mengandalkan petani tidak mungkin kontinuitas dan kualitas bisa dijaga. Harus ada terobosan yang berskala hamparan luas. Dan yang bisa melakukan ini hanyalah pemerintah dengan dukungan BUMN dan perusahaan swasta dalam negeri.

Balitbangtan terus melakukan diseminasi agar produk dan teknologi unggulan dapat diadopsi oleh masyarakat secara luas. Salah satu programnya yaitu event BITE yang akan dilaksanakan pada 4-6 Agustus 2016 mendatang. Menanggapi informasi acara ini, beliau sangat tertarik dan berminat untuk menghadiri bersama tim.

Informasi lengkap BITE silahkan kunjungi http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/bite

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event