Review Hasil Litkajibangrap 2010 – 2014

Prof. Djoko Said Damardjati dan Prof. Abubakar beserta tim melaksanakan Review / Evaluasi Hasil Litkajibangrap 2010-2014 di Aula Balitjestro. Tujuan pertemuan ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan dan hasil litkajibangrap, mereview hasil (output) “unggulan” Litkajibangrap, mempelajari capaian IKU  (Indikator Kinerja Utama). UK/UPT & analisis permasalahan / kendala dan menganalis “outcome” (dampak) dan pemanfaatan inovasi hasil Litkajibangrap 2010-2014.

Output unggulan UPT Badan Litbang Pertanian masih perlu ditingkatkan. Jika total KTI yang dipublikasi dibagi per UPT (61 UPT) maka diperoleh data sebagai berikut: Jurnal internasional 0,79/UPT; Jurnal nasional 3,9/UPT; Buletin terakreditasi 1,66/UPT; dan Prosiding/monograf 20/UPT.

Keragaan output yang telah dicapai masih minimal, namun sangat potensial/masih dapat dan perlu untuk ditingkatkan. Temuan/invensi/teknologi unggulan dan paten terbatas. Begitu pula dengan jumlah KTI berkualitas dan diterbitkan di jurnal masih terbatas.

Saran yang diberikan Prof. Djoko Said Damardjati memacu peneliti Balitjestro untuk lebih produktif lagi. Peneliti dituntut untuk mengeluarkan publikasi karya tulis ilmiah (KTI) setiap tahunnya. Perlu dirinci lebih lanjut berapa produktivitas peneliti setiap tahunnya, dikaitkan dengan biaya yang sudah diberikan. Baik itu publikasi dalam prosiding (monograf), buletin terakreditasi, jurnal naisonal dan jurnal internasional. Demikian pula dengan penelitian yang dilakukan, apakah biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah sudah sesuai dengan output yang diharapkan dalam IKU.

Dr. Harwanto, selaku Kepala Yantek Balitjestro memberikan gambaran berbagai capaian yang telah dicapai Balitjestro selama 3 tahun terakhir ini. Beberapa penelitian RPTP sudah mencapai IKU sebelum tahun 2014 seperti RPTP Plasmanutfah dan UPBS. Sementara yang lainnya perlu akselerasi yang lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event