Rangkaian Kegiatan PUI di Balitjestro

PUI merupakan suatu organisasi atau lembaga yang melaksanakan kegiatan-kegiatan riset bertaraf internasional pada bidang spesifik secara multi dan interdisiplin dengan standar hasil yang sangat tinggi serta relevan dengan kebutuhan pengguna iptek. Kegiatan pengembangan PUI ini diharapkan akan menghasilkan lembaga Litbang yang unggul dari sisi penguasaan iptek karena sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga.

Keikutsertaan Balitjestro pada seleksi terbuka yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti pada tahun lalu, membuahkan hasil di tahun 2017 ini, dimana Balitjestro terpilih sebagai salah satu lembaga Litbang yang dibina menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) dengan fokus unggulan Riset dan Pengembangan Jeruk.

Seleksi dimulai pada pertengahan 2016, dilakukan dengan pembuatan proposal, pengisian borang online dan dokumen terkait lainnya sehingga menghasilkan nilai borang sebelum validasi 530,35. Setelah itu Kemenristek melakukan verifikasi dan fact finding ke Balitjestro dihasilkan nilai borang setelah validasi 662,87 dan masuk dalam status “dibina”. Pada bulan November 2016, dilakukan penyusunan masterplan PUI Riset dan Pengembangan Jeruk, yang lolos dalam pembahasan oleh Kemenristekdikti, dan pada akhir 2016 dilakukan penandatanganan MoU antara Balitjestro dengan Kemenristekdikti mengenai kontrak pembinaan PUI.

Pembinaan PUI Riset dan Pengembangan Jeruk dimulai pada tahun 2017 dengan syarat penyusunan rencana kerja. Rencana kerja diupload secara online dan dibahas dalam pertemuan dengan Kemenristekdikti di Jakarta.

Beberapa kegiatan pembinaan PUI yang telah dilaksanakan di Balitjestro mulai dari awal tahun sampai bulan Juni antara lain Sosialisasi PUI kepada pegawai intern Balitjestro (1 Maret 2017), Sosialisasi Percepatan Perolehan Paten dan Rezim HKI (25 April 2017), Pemantapan Renstra Balitjestro (25 April 2017), Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel di Jurnal Internasional (26-27 April 2017), Workshop Penyusunan Dokumen KNAPPP (28-29 April 2017), Bimbingan Teknis Tim KNAPPP Balitjestro (22-23 Mei 2017), serta Sosialisasi KNAPPP kepada pegawai intern Balitjestro (31 Mei 2017).

Dalam pembinaan ini, Kemenristekdikti memberikan fasilitasi dan asistensi teknis yang pelaksanaannya terbagi atas tahapan supervisi, tahapan monitoring, dan tahapan evaluasi. Tahapan supervisi sudah dilalui oleh Balitjestro pada hari Senin lalu, tanggal 5 Juni 2017. Supervisi juga dilakukan secara online dengan mengisi form perkembangan dan permasalahan tiap komponen rencana kerja serta mengisi indikator capaian kinerja di website pui.ristekdikti.go.id.

Semoga dengan dibinanya Balitjestro menjadi PUI dapat menguatkan kapasitas dan kapabilitas Balitjestro menjadi bertaraf internasional agar terjadi peningkatan relevansi dan produktivitas serta pendayagunaan iptek dalam sektor produksi untuk menumbuhkan perekonomian nasional dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (fena)