PT Sewu Segar Nusantara Optimis dengan Buah Indonesia

balitjestro.sunpride3 (1)Menyaksikan paparan Dr. Harwanto Kepala Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balitjestro mengenai profil Balitjestro, PT Sewu Segar Nusantara (SSN) kagum dengan kekayaan jeruk Indonesia yang beraneka ragam dan kualitasnya tidak kalah dengan jeruk impor. Balitjestro mempunyai koleksi 228 varietas jeruk yang 47 diantaranya telah dilepas.

Selama ini, jeruk nusantara inferior dibanding jeruk impor. Potensi yang luar biasa itu sayang sekali jika tidak dikembangkan. Rully Hardiansah, manajer produk PT SSN dalam sambutannya mengharapkan adanya sebuah kerjasama yang baik dengan Balitjestro untuk membina petani jeruk manis pacitan di Batu dan sekitarnya. Program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dicanangkan di Desa Tlekung, Batu diharapkan mampu bermanfaat bagi petani jeruk sekitar.

Selama ini permasalahan buah nusantara adalah ketersediannya yang tidak berkelanjutan. “Apel Malang misalnya, sudah kami promosikan, ketika kami cari ternyata stoknya tidak ada.” Di Jakarta Apel Malang dengan kualitas terbaik dihargai Rp 49 ribu/kg lebih mahal dari Apel Fuji impor yang harganya Rp 30 ribu/kg.

Dalam kunjungan kali ini, Arry Supriyanto dan Setiono (Balitjestro) mengajak rombongan dari PT SSN dan wartawan ke KP Punten melihat kesanggupan Badan Litbang dalam menyediakan benih jeruk berkualitas. Untuk KP Punten saja, tahun 3013 ini kami siap 500.000 benih jeruk bebas penyakit.

Peresmian di Rumah Packaging House dilakukan dengan demo bagaimana proses pengepakan dilakukan sejak buah datang sampai masuk cold storage. Buah jeruk dipisahkan dengan ukuran medium (150-200 gram) sampai high (>200 gram). [z@in]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event