Kebun Percobaan Tlekung

Kebun Percobaan TlekungKebun Percobaan (KP) Tlekung menempati lahan seluas 12,96 Ha tanah, terletak pada ketinggian 950 m di atas permukaan laut, memiliki jenis tanah Latosol dan tipe iklim D dengan curah hujan 1.800 mm / tahun. Daerah ini cocok untuk pertumbuhan tanaman jeruk dan buah subtropika. Saat ini, ada sekitar 1.625 pohon buah-buahan yang ditanam di Kebun Percobaan ini dan hampir 40% (4,5 Ha) dari luas total Tlekung Kebun Percobaan ditanam jeruk (2 Ha), buah stroberi, leci, alpukat, dan tanaman lain-lain (2 Ha), apel dan peach / plum dan anggur (0,5 Ha). KP Tlekung masih cukup luas menyediakan lahan untuk pengembangan tanaman baik sebagai bahan penelitian atau koleksi plasma nutfah. Kebun yang terletak di Kota Batu ini menyatu dengan kantor Balitjestro. Kegiatan yang dilakukan di KP Tlekung adalah penelitian dan pemeliharaan rutin tanaman.

Umumnya, kondisi tanaman terjaga dengan baik karena sebagian besar lahan digunakan sebagai visitor plot dan penelitian pemuliaan tanaman. Visitor plot tanaman jeruk difokuskan pada pemberian “stres air” dan persiapan pemupukan, baik menggunakan pupuk kimia maupun pupuk kandang.

Dalam upaya pengembangan tugas dan fungsi, kondisi ideal yang diinginkanyaitu membuat KP Tlekung menjadi kebun percobaan dan produksi yang memiliki koleksi plasma nutfah lengkap, dikelola secara optimal, didukung oleh fasilitas fisik yang memadai, dan sebagai kebun rujukan untuk para petani jeruk di Indonesia. Pengunjung di KP Tlekung dapat menjumpai semua koleksi tanaman jeruk, apel, anggur, lengkeng dan stroberi.

Kebun Percobaan Tlekung terletak pada zona wisata Batu, tepatnya di bawah kaki Gunung Panderman, pengembangan wisata ilmiah di area Balitjestro akan difokuskan pada:

  1. Agrowisata Hortikultura yang menunjukkan pola dan metode budidaya hortikultura dengan sistem organik, bebas dari pestisida dan fungisida, pupuk anorganik untuk jeruk dan apel (maskot kota Batu), sayuran, dan tanaman hias;
  2. Pariwisata Ilmiah terkait dengan kegiatan penelitian dan pengembangan, plasma nutfah tanaman hortikultura, dan layanan agro-klinik hortikultura;
  3. Wisata alam (panorama Malang di malam hari dan pemandangan Gunung Panderman;
  4. Wisata Olahraga (hiking Gunung Panderman, sepeda gunung, dan rekreasi kuda), dan
  5. Makanan, minuman, sayuran dan pariwisata tanaman hias serta penjualan produk organik dari buah-buahan, sayuran dan tanaman hias, jeruk dan agro-industri apel.

Diharapkan bahwa pada tahun 2015 ini KP Tlekung akan menjadi zona wisata ilmiah yang akan menjadi salah satu Unit Pelaksana Teknis dalam Badan Litbang Pertanian yang memungkinkan untuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak. Dalam rangka mewujudkan rencana pengembangan zona wisata ilmiah, Balitjestro akan mengadakan kolaborasi dengan mitra bisnis yang akan berpartisipasi untuk sponsor pembangunan.


SumakriKP TLEKUNG

Kepala kebun : Sumakri
Alamat : Jl. Raya Tlekung No.1 Junrejo – Batu (65301) Kotak Pos 22 Batu, Telp. 0341 (592683)
Terdapat visitor plot jeruk komersial dan harapan
Sebagai show window plasma nutfah tanaman subtropik seperti jeruk, apel, anggur, lengkeng, sentra koleksi tanaman sub tropika lainnya.

 

[huge_it_maps id=”4″]

Tinggalkan Balasan