Kebun Percobaan Kliran

Kebun Percobaan Kliran (3)Kebun Percobaan (KP) Kliran adalah salah satu bagian dari Balai Penelitian Tanaman Jeruk Dan Buah Subtropika yang berjumlah 5 kebun percobaan yang terletak di Dusun Kliran Desa Bulukerto Bumiaji Kota Batu pada ketinggian 950 m di atas permukaan laut. Adapun KP Kliran II terletak di Dusun Sumberberantas-Desa Tulung Rejo pada ketinggian 1450 m dpl. KP Kliran luas kebun seluruhnya adalah 0,6 Ha, yang terbagi menjadi 2 lokasi, yaitu : seluas 0,5 Ha berada di Kliran dan 0,1 Ha berada di Sumberbrantas. Jarak antara kedua lokasi tersebut 12 km.

Kebun Percobaan Kliran sebelumnya mempunyai 61 varietas apel yang mana telah memposisikan KP Kliran sebagai kebun plasma nutfah terbesar dengan keragaman sumber genetik di Jawa Timur. Pada tahun 2006 dan 2007 telah dilakukan peremajaan (rekoleksi) di Balitjestro, sehingga pemeliharaan tanaman koleksi tersebut dilakukan di Tlekung.

Umur tanaman apel di KP Kliran diatas 20 tahun hal ini dianggap kurang produktif hingga tahun 2008 jumlah tanaman tinggal 80 pohon dan tidak pernah berbuah. Pada tahun 2009 ini pemeliharaan tanaman plasma nutfah apel ditiadakan karena dialihkan untuk penanaman dan pemeliharaan tanaman stroberi. Pada tahun 2012, KP Kliran mulai menanam jeruk yaitu varietas Keprok Batu 55, Keprok Terigas, Keprok Garut dan Keprok Madura.

AgungKepala kebun : Dwi Agung Susanto, SP
Alamat : Dusun Kliran, Kec. Bumiaji Batu
Terdapat tanaman jeruk (KP Kliran)
dan tanaman stroberi (KP Sumberbrantas)

 

 

Tinggalkan Balasan